Desa Balang Terus Ciptakan Inovasi Dalam Majukan Ekonomi Masyarakat

oleh -1684 Dilihat
Para peserta saat melaksanakan lomba Balanting di Desa Balang, Kecamatan Paringin, Kabupaten Balangan, Selasa (5/3/2024).

INIBERITA.id, BALANGAN- Desa Balang terus berinovasi, dalam memajukan ekonomi dan kemandirian desa untuk kesejahteraan masyarakat,salah satunya melestarikan budaya Balanting dan lainnya.

“Melalui program desa mandiri Adaro–Balangan Coal masyarakat dapat memetakan potensi desa dan sumberdaya yang dimiliki untuk dapat dikembangkan sebagai potensi ekonomi,” kata Kepala Teknik Tambang PT Paramita Cipta Sarana BC Group Achadi Riyadi di Balangan, Rabu (5/3/2024).

Menurut Achadi setiap desa memiliki ciri khasnya masing-masing, tinggal merencanakan untuk dijadikan proyek saja untuk peningkatan ekonomi masyarakat itu sendiri.

Achadi menuturkan kegiatan ini dapat terus dikembangkan dan dilanjutkan, banyak potensi yang bisa ditambahkan seperti flying fox, zona berkemah, agrowisata dan lainnya, serta Balangan Coal terus mendukung kegiatan pemberdayaan ekonomi kreatif dan kegiatan CSR lainnya.

Selain itu Achadi juga bersyukur masyarakat sangat antusias dalam menonton kegiatan tersebut, juga mengunjungi warung-warung para UMKM yang tersedia dengan menjual beraneka macam dagangan.

Sementara itu Camat Paringin Renny Yudisthesia, mengungkapkan pihaknya sangat mendukung dengan kegiatan lomba Balanting yang tergabung dalam pekan desa ini.

Menurut Renny hal tersebut menjadi langkah dalam menggerakkan peran para pemuda dan masyarakat setempat, terutama karang taruna di desa.

“Ini menjadi langkah yang penting dalam menggerakkan karang taruna yang ada di desa, pihak kecamatan sangat mendukung akan terus berkolaborasi dalam kegiatan seperti,” ungkap Renny.

Terpisah Ketua Pelaksana Kegiatan Yadin, menyebutkan pada kegiatan ini selain digelar lomba Balanting juga dilaksanakan kegiatan membuat kue dan bubur tradisional seperti Bubur Karuang, Gayam dan Kikicak yang menjadi makanan khas saat ada acara hajatan.

Yadin membeberkan untuk lomba Balanting diikuti 13 peserta dari berbagai desa di Kabupaten Balangan, dan yant menjadi juara lomba Balanting dimenangkan oleh Desa Paran, Linmas Desa Binju, Danau Banta, Desa Balang RT I dan Desa Halong.

“Kegiatan ini kita harapkan juga mampu menjadi awal menjadikan Desa Balang menjadi desa wisata, rencananya akan kami adakan setiap tahun,” ujarnya.(iwn/iniberita).

No More Posts Available.

No more pages to load.