Dibutuhkan Kolaborasi Pemerintah Pengusaha Alim Ulama

oleh -21 Dilihat
(Foto Istimewa) Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor

INIBERITA. id, BANJARBARU- Menjaga pelestarian lingkungan yang merupakan, bagian dari kesuksesan pembangunan, dibutuhkan kolaborasi dan sinergitas, terutama pemerintah, pengusaha dan alim ulama.

Menurut Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor, untuk melestarikan lingkungan itu harus berkolaborasi tiga komponen utama, apabila untuk menuju menyukseskan dan mewujudkan pembangunan tersebut.

Disebutkan Paman Birin panggilan akrabnya, seperti terlihat pada program pelestarian lingkungan yang digagas, oleh Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kalsel, pada saat peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia Tahun 2022, di Provinsi Kalsel di halaman Sekretariat Daerah Provinsi Kalsel, Banjarbaru.

Pemprov Kalsel melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH), memprogramkan berbagai kegiatan untuk melestarikan lingkungan, seperti Program Merdeka Sampah, Martapura Asri, Desa Sasangga Banua, dan Karbon Biru.

Kolaborasi diawali, dengan penandatanganan kesepakatan antara Gubernur Kalsel dengan Walikota Banjarbaru, Walikota Banjarmasin, dan Bupati Banjar, untuk pelaksanaan program Merdeka Sampah yang saat ini tengah dilaksanakan.

Selanjutnya, para pelaku usaha mendukung, berbagai program tersebut, dengan memberikan berbagai bantuan, berupa sarana dan prasaran yang diserahkan langsung, kepada para penerima manfaat di objek atau lokasi empat program tersebut.

Baca Juga :   Skor 1-0, Bola Banua Juarai Sepakbola Legenda 2022

Bantuan diserahkan berupa, sarana dan prasarana pengelolaan sampah, berupa 2 buah mobil pick up, 22 kendaraan angkutan roda tiga, 4 buah kontainer sampah, 10 buah komposter, 3 buah mesin pencacah sampah dan 40 set bak sampah terpilah.

“Artinya peringatan Hari Lingkungan Hidup ini, merupakan momentum untuk menguatkan komitmen, dalam rangka mewujudkan pembangunan yang ramah lingkungan, berkelanjutan, dan lebih berkeadilan yang membawa pada kesejahteraan masyarakat,” ungkap Paman Birin.

Ke depannya tegas Paman, seluruh tindakan pembangunan memperhatikan, aspek lingkungan lebih serius lagi, demi terwujudnya pembangunan berkelanjutan sebagaimana target global.

Pada kesempatan itu pun, Beliau secara simbolis menyerahkan hadiah peraih Penghargaan Kalpataru 2022 Kategori Penyelamat Lingkungan kepada Yayasan Sahabat Bekantan Indonesia. (iniberita/humas bergerak)