Dinas Kesehatan Balangan Sosialisasikan GDPK

oleh -286 Dilihat
Foto. Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana sosialisasikan Grand Design Pembangunan Kependudukan (GDPK) tingkat Kabupaten Balangan tahun 2020-2035 di Aula Bappedalitbang Balangan.

INIBERITA.id, BALANGAN- Pemerintah Kabupaten
(Pemkab) Balangan melalui Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana sosialisasikan, Grand Design Pembangunan Kependudukan (GDPK) tingkat Kabupaten Balangan tahun 2020-2035.

Sekretaris Dinkes P2KB Kabupaten Balangan Ahmad Sauqi mengatakan, kegiatan ini tujuannya untuk mewujudkan kebersamaan, dari penafsiran serta persepsi dalam penyusunan GDPK, khusus di Balangan serta mendorong adanya peningkatan kualitas proses penyusunan dan pemanfaatan dari GDPK.

Menurutnya, pada dasarnya grand design sudah terbentuk, namun karena adanya perubahan kepemimpinan, dalam hal ini kepala daerah sehingga harus disesuaikan dengan visi misi yang dijalankan.

Sedangkan grand design ini sendiri, sebagai pengendalian kualitas penduduk, karena penduduk merupakan sentral dari pelaksanaan kemajuan pembangunan daerah.

“Semoga GDPK ini nantinya akan memberikan arah pembangunan-pembangunan yang dapat mendongkrak indeks pembangunan sumber daya manusia di Kabupaten Balangan,”katanya berharap, di Paringin. Jumat (23/9/22).

Sementara itu, Ketua Koalisasi Kependudukan Provinsi Kalimantan Selatan Taufik Arbain mengungkapkan, betapa pentingnya big data dalam pembangunan dan hal ini harus sejalan dengan hadirnya GDPK.

“Perencanaan pembangunan sangat penting dengan melihat isu-isu kependudukan dan itu harus terintegrasi dari berbagai SKPD, serta perencanaan pembangunan harus melihat kepada wawasan kependudukan,”ungkap dia.

Diketahui, sosialisasi tersebut dibuka langsung oleh Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setdakab Balangan Rody Rahmady Noor dan dihadiri dari perwakilan BKKBN Provinsi Kalsel, serta seluruh penyuluh KB se-Kabupaten Balangan.(wan/iniberita)

No More Posts Available.

No more pages to load.