Dinkes Optimis Target Vaksinasi Lansia Terpenuhi 70 Persen Satu Bulan Kedepan

oleh -44 Dilihat
Suasana para Lansia melakukan vaksinas secara massal.

BANJARMASIN- Dinas Kesehatan (Diskes) Kota Banjarmasin optimis untuk menuntaskan target, vaksinasi Lanjut Usia (Lansia) 70 persen, dalam satu bulan kedepan ini.

Karena, berdasarkan Instruksi Menteri Dalam Negeri (Imendagri) yang dirilis, pada 11 April 2022 dan berlaku untuk 25 April mendatang, Banjarmasin masih menjadi satu-satunya kota di Kalsel yang bertahan di PPKM level 3.

Hal itu tentunya membuat Dinkes Banjarmasin, terus menggenjot capaian vaksinasi khususnya Lansia tersebut

Hal ini diungkapkan Plt Dinas Kesehatan (Diskes) Kota Banjarmasin Machli Riyadi, saat
menghadiri rapat pembahasan LKPj Walikota 2021, sama Komisi IV DPRD Kota Banjarmasin.

Menurut Machli, data Dinkes Banjarmasin capaian vaksinasi lansia kini mencapai 69 persen lebih, ada dua versi sebenarnya kalau versi riil yaitu, data berdasarkan hasil pendataan kelurahan jumlah penduduk lansia 36.212, sudah menembus angka 69 persen lebih.

“Hal ini sudah kita koordinasikan dengan Dirjen Dukcapil pusat dan dari Kementerian Kesehatan bahwa Banjarmasin itu sudah mencapai 69 persen lebih capaian vaksin lansia. Tentu ini berkat dukungan dan kerjasama TNI – Polri yang luar biasa membantu kita dalam mencapai sasaran vaksin di Banjarmasin,”ujarnya.

Dijelaskan Machli, untuk vaksinasi lansia disyaratkan minimal 70 persen, tinggal satu persen lagi pihaknya melakukan sudah sekitar 1000 jiwa, artinya pihaknya sudah menembus angka 70 persen.

Disisi lain berdasarkan versi KPC-PEN pusat yang menggunakan data Dirjen Dukcapil capaian vaksinasi lansia untuk wilayah Banjarmasin berbeda dan masih dalam tahap 55 persen.

“Kalau berdasarkan data jumlah penduduk yang ditetapkan berdasarkan sumber Dirjen dukcapil kita baru mencapai 50 persen lebih untuk capaian lansia,”jelasnya.

Lebih jauh Machli mengatakan, berbagai upaya terus dilakukan Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin untuk mengebut capaian vaksinasi termasuk dengan membuka gerai vaksin ditempat yang ramai dikunjungi selama bulan puasa.

“Kita sudah membuka gerai vaksin di beberapa tempat selain di Puskesmas, bahkan hari minggu tetap kita buka, termasuk di Pasar Ramadhan di Taman Kamboja,”katanya.(iniberita/amnesia).