Kebakaran di Banjarmasin Meningkat Sehari Empat Kali Kejadian

oleh -174 Dilihat
Teks foto. Musim kebakaran di Banjarmasin.

INIBERITA.id, BANJARMASIN- Kejadian kebakaran di Kota Banjarmasin terus meningkat, dalam sehari empat kali kejadian.

Untuk tahun 2023 hingga Nopember tercatat 160 kejadian, artinya tahun ini intensitas musim kebakaran lebih banyak, dari pada tahun sebelumnya.

Hal ini diungkapkan Plt Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kota Banjarmasin Husni Thamrin, saat ditemui awak media di ruang kerjanya, Senin (13/11/23).

Dijelaskannya, untuk kawasan terjadi kebakaran terbanyak di tahun ini, ada di Banjarmasin Tengah 38 kasus, Banjarmasin Selatan 33 kasus, Banjarmasin Utara 31 kasus, Banjarmasin Barat 30 kasus dan Banjarmasin Timur 28 kasus.

Pada hari ini saja ada 4 kasus kebakaran, dengan demikian kemarau tahun ini, lebih panas dari tahun-tahun sebelumnya dan kebanyak penyebab kebakaran disinyalir korsleting listrik.

“Ppihaknya telah berkomunikasi dengan PLN, kalau bisa jangan hanya fokus kepada penanganan saja tapi lebih ke pencegahan dan kesiapsiagaan ke depannya,”jelasnya.

Ditegaskannya, apalagi yang rentan terjadi korsleting menurut pihak PLN adalah daya listriknya 900 watt ke bawah.

Baca Juga :   Persiapan Porwanas, Tim Balogo PWI Kalsel Ikuti Lomba Balogo Limapi Cup 2024 di HSS

Kemudian standar kabel, pengecekan instlasi listrik kurang dan peningkatan daya yang tidak sesuai, lalu terjadi jeglek listrik.

“Bahayanya beban menjadi berlebih dan panas. Makanya itu perlu diketahui oleh masyarakat,”tegasnya.

Dikatakannya, rencananya pihaknya akan meningkatkan sosialisasi di titik rawan kebakaran, yaitu dari tahun ini di 12 kelurahan, tahun depan dtingkatkan menjadi 25 kelurahan.

Selain itu, pihaknya akan membuat stiker sudah pengecekan dan untuk tahap pertama ini, sebanyak 10 ribu yang dicetak, hal ini bekerjasama dengan pihak PLN.

“Pihaknya melakukan pengecekan listrik setiap bulan pihak PLN bakal menempelkan stiker, diharapkan dengan adanya stiker bisa diketahui masyarakat oleh terbaca terus ketika ke luar atau masuk rumah,”katanya.(ridho/iniberita).

No More Posts Available.

No more pages to load.