Koramil 1001-05/Lampihong Bersihkan Saluran Air Cegah Batingsor

oleh -66 Dilihat
Teks foto.Anggota Koramil 1001-05/Lampihong Balangan.

INIBERITA.id, BALANGAN- Koramil 1001-05/ Lampihong membersihkan saluran air untuk mencegah, terjadinya Batingsor (Banjir, Puting Beliung dan Tanah Longsor) di Desa Tampang, Kecamatan Lampihong, Kabupaten Balangan, Kalimantan Selatan.

“Kegiatan pembersihan saluran air ini yaitu dalam rangka karya bhakti untuk mengantisipasi terjadinya bencana Batingsor di wilayah setempat,” kata Pasiter Kodim 1001/HSU-Balangan Letda Inf Mulyanto di Balangan, Rabu (3/1/2024).

Mulyanto melanjutkan, tujuan lain dari kegiatan tersebut juga adalah untuk menciptakan lingkungan yang bersih, rapi, terhindar dari penyakit hingga bencana alam.

Mulyanto menuturkan pada kegiatan tersebut pihaknya juga telah berkoordinasi dengan Anggota Polsek Lampihong, Kades Tampang dan masyarakat Desa Tampang untuk membersihkan aliran air dari sampah.

Selain itu ujar Mulyanto, sasaran utama dari kegiatan ini adalah agar air pada irigasi dapat mengalir dengan lancar dan tidak terjadi pendangkalan akibat ditumbuhi rumput liar dan semak belukar yang panjangnya sekitar kurang lebih 800 meter, sehingga pada saat musim hujan tidak mengakibatkan banjir.

Danramil 05/Lampihong Pelda Wahyudi menambahkan, pihaknya bersama warga bergotong royong bersama-sama dalam membersihkan sungai dari sampah dan rumput liar dengan harapan menciptakan lingkungan yang bersih, rapi, terhindar dari penyakit dan bencana alam.

Sementara itu salah satu tokoh masyarakat, Ahmad Husaini sangat mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan oleh Koramil setempat dalam upaya mencegah terjadinya Batingsor di desanya.

“Kegiatan yang dilakukan ini adalah sebagai upaya kita bersama dalam mencegah Batingsor, serta keperdulian bersama dalam menjaga kebersihan dan juga menggugah kesadaran masyarakat akan kebersihan,” ucapnya.(iwn/iniberita).

No More Posts Available.

No more pages to load.