Paman Birin dan Acil Odah Sepakat Tiap Keluarga Siap Siaga dan Tanggap Bencana

oleh -386 Dilihat
Teks foto. Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor atau Paman Birin dan Ketua TPKK Kalsel H Raudatul Jannah alias Acil Odah,

INIBERITA.id, BANJARBARU- Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor atau Paman Birin dan Ketua TPKK Kalsel H Raudatul Jannah alias Acil Odah, sepakat tiap keluarga siap siaga dan melakukan tanggap untuk antisipasi terjadinya bencana di Kalsel.

“Kita harap, setiap kepada keluarga harus siap siaga dan tanggap akan datangnya bencana. Bencana tidak direncanakan, bisa datang kapan saja. Pemerintah tentu akan terus mensosialisasikan kepada masyarakat akan pentingnya mitigasi bencana,” ungkap Paman Birin, saat mengikuti apel dalam Memperingati Hari Kesiapsiagaan Bencana dan antisipasi terjadinya bencana di Kalsel, oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Kalimantan Selatan (BPBD Kalsel), di Halaman Kantor Gubernur Kalsel Banjarbaru, Rabu (8/5/2024) pagi.

Sebelumnya, Paman Birin bersama Acil Odah memberikan tambah bantuan alat penanggulangan bencana untuk Kabupaten/ kota se Kalsel dan memimpin apel, Paman Birin dan Acil Odah melanjutkan Podcast Tangguh (Obrolan Santai Seputar Kebencanaan) yang merupakan program dari BPBD Kalsel.

Paman Birin juga berpesan, agar kiranya setiap keluarga siap menghadapi musim kemarau, terutama terkait masalah kebakaran hutan dan lahan yang sering menjadi, ketika memasuki musim kemarau panjang.

Baca Juga :   Lensa Kegiatan DPRD Banjarmasin Edisi Bulan Juli 2024

Termasuk bersih-bersih semak di pekarangan rumah masing-masing, hal itu harus dilakukan, sehingga bencana-bencana karhutla, seperti tahun sebelumnya tak terulang lagi. Untuk itu, Paman Birin berharap, dalam mengantisipasi datangnya musim kemarau, masyarakat benar-benar harus siap, sehingga karhutla dapat ditekan spot titik apinya.

Sementara itu, Acil Odah sebagai Ketua TP PKK Kalsel ini mengatakan, setiap keluarga yang ada di Kalsel harus memiliki pengetahuan dasar mengenai kebencanaan, sehingga hal tersebut dapat mengenali risiko ketika terjadi bencana.

Keluarga merupakan aspek utama yang harus diberikan pemahaman tentang mitigasi bencana, jika terjadi bencana mereka ini, tahu langkah pertama yang harus dilakukan apa, sehingga hal tersebut dapat meminimalisir kerusakan atau pun korban.

Menurut Acil Odah, Tim Penggerak PKK Kalsel harus terus memberikan edukasi, kepada masyarakat mengenai bencana, terlebih bagi masyarakat yang tempat tinggalnya rawan terjadi bencana.

“Misalnya ketika terjadi kebakaran, dengan kita memberikan edukasi kepada masyarakat, maka masyarakat ini nantinya mengerti hal-hal dasar apa yang harus dilakukan ketika menghadapi kebakaran. Misalnya yang dilakukan masyarakat pertama adalah tidak panik lalu menyelamatkan keluarganya”katanya.

Baca Juga :   Sejak SD Irma Dahliana Cintai Atletik, Ahdalena Dari Atlet Futsal Menjadi Pelari

Dengan melakukan langkah-langkah yang tepat. Ungkap Acil Odah, hal tersebut akan mengurangi dampak fatal yang ditimbulkan akibat bencana, setidaknya ada beberapa langkah untuk menuju keluarga tangguh bencana. Pertama, masyarakat harus menyimpan nomor penting seperti kepada desa, PMI, BPBD dan lainnya. Kedua, siapkan tas siaga bencana. Dan ketiga, tentukan tempat penyelamatan diri dan pertemuan keluarga saat terjadi bencana.

Usai Podcast BPPD Kalsel tersebut, Paman Birin dan Acil Odah tampak mengajak beberapa peserta apel untuk berfoto, mulai Menwa, BPBD Tanah Laut, Siswa dan lainnya. (adpim/iniberita).

No More Posts Available.

No more pages to load.