Paman Birin: Pancasila Ideologi Yang Menyatukan Berbagai Keragaman

oleh -269 Dilihat
Teks foto. Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor atau Paman Birin sebagai Inspektur Upacara Peringatan Lahir Pancasila.

INIBERITA.id, BANJARBARU- Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan (Pemprov Kalsel) bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), memperingati Hari Lahir Pancasila Tahun 2023, di halaman kantor Sekda Provinsi Kalsel Banjarbaru, Kamis (1/6/23) pagi.

Bertindak sebagai Inspektur Upacara, Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor atau biasa di sapa Paman Birin.

Dalam amanat Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) yang dibacakan Paman Birin menyampaikan, bahwa Pancasila dan nilai-nilai yang dikandungnya merupakan falsafah dasar dan pandangan hidup berbangsa dan bernegara.

“Pancasila merupakan ideologi yang menyatukan berbagai keragaman yang ada, sudah selayaknya kita mengaktualisasikan Pancasila dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam sendi-sendi kehidupan kita,” ungkap Paman Birin, membacakan amanat Presiden.

Menurut Paman Birin, Hari Lahir Pancasila yang diperingati setiap tanggal 1 Juni, memiliki makna bagi rakyat dan bangsa Indonesia.

Tidak hanya itu, tantangan ke depan akan semakin berat, maka nilai-nilai Pancasila dapat menjadi filter, sehingga masyarakat tidak mengalami disorientasi di masa depan.

Apalagi saat ini, bangsa kita dapat melalui krisis Pandemi Covid-19, ini membuktikan bahwa Pancasila dan bangsa begitu kuat. Sehingga Indonesia emas tahun 2045 dapat terwujud.

Baca Juga :   Maju Sebagai Calon Walikota Banjarbaru, Erna Lisa Halaby Dapat Dukungan Dari Haji Isam

“Kami atas nama Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan mengucapkan Selamat Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2023,” ujar Paman Birin diakhir sambutannya.

Untuk diketahui, peringatan Upacara Hari Lahir Pancasila tersebut, diikuti oleh TNI/Polri, ASN, Dewan Harian Nasional Badan Pembudayaan Kejuangan 45 (DHN 45), Resimen Mahasiswa hingga siswa.

Setelah melaksanakan upacara, Paman Birin juga melaunching bendera merah putih yang diserahkan secara simbolis kepada perwakilan peserta upacara. (adpim/iniberita).

No More Posts Available.

No more pages to load.