Paman Birin Semangati Peternak Budidaya Ikan Tawar Bioflok di Kabupaten Banjar

oleh -132 Dilihat
Teks foto. Paman Birin datangi budidaya ikan tawar bioflok ini.(Istimewa).

INIBERITA.id, BANJAR- Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor atau Paman Birin mendatangi untuk berikan semangat, kepada Madkhazin (44) seoranga peternak budidaya ikan tawar bioflok yang berlokasi, di Kampung Keramat Jalan Kertak Baru, Martapura Timur .

Gubernur dua periode ini, secara khusus datang ke tempat usaha Madkhazin pada Kamis (14/3/2024) pagi.

Didatangi Paman Birin, Madkhazin sangat terkejut orang nomor satu di Kalsel ini, melihat dari dekat budidaya bioflok miliknya.

Seraya sambil memberi makan ikan lele dan gurami, Madkhazin pun menyempatkan berdialog dengan Paman Birin.

Dihadapan Paman Birin, dirinya menceritakan usaha budidaya ikan tawar bioflok ini, telah digelutinya sejak 6 bulan lalu dan memiliki
5 kolam bioflok.

“Alhamdulilah Paman Birin, sudah sempat panen sekali. Sekarang persiapan panen kedua,”ungkap Madkhazin kepada Paman Birin.

Ditanya dari mana mengetahui usaha budidaya ikan tawar bioflok ini, Madkhazin mengaku selain mendapat informasi dari kawan, dirinya juga melihat langsung usaha kawannya.

Paman Birin yang mendapatkan penjelasan Madkhazin mengaku senang atas semangat usaha budidaya ikan tawar.

Baca Juga :   Jelang Porwanas 2024, Tim Balogo PWI Kalsel Terus Tingkatkan Latihan

Selain untuk meningkatkan ketahanan pangan, khususnya ikan, juga untuk meningkatkan perekomian keluarga.

“Usaha budidaya seperti ini patut dicontoh masyarakat lainnya dan dijadikan ladang pendapatan. Kuncinya ada semangat dan usaha, Insya Allah akan menghasilkan,” kata Paman Birin.

Paman Birin pun menitip pesan, agar dalam usaha budidaya ikan tawar ini terus memperhatikan aturan dan tatacara yang benar agar tak mengalami kerugian.

Selain Paman Birin, beberapa waktu lalu, pedulian terhadap usaha budidaya ikan tawar juga ditunjukan Ketua TP PKK Kalsel Hj. Raudatul Jannah.

Tahun lalu, TP PKK Kalsel pun menggagas pelatihan Pembuatan Pakan Ikan Alternatif dengan Probiotik kepada masyarakat di halaman kediaman pribadi Gubernur Kalsel H. Sahbirin Noor, Kampung Keramat, Martapura, Kabupaten Banjar.

Probiotik sendiri menurut Tim Penyuluh dari Dinas Kelautan dan Perikanan Kalsel yaitu makanan tambahan (suplemen) berupa sel-sel mikroba hidup, yang memiliki pengaruh menguntungkan bagi hewan inang yang mengkonsumsinya melalui penyeimbangan flora mikroba intestinalnya.

Probiotik juga merupakan salah satu alternatif untuk penambahan (suplemen) ke dalam pakan ikan budidaya.

Baca Juga :   Ukur Kemampuan Atlet Sebelum Kompetisi, Tim Domino PWI Kalsel Gelar Uji Tanding di Bali

Selain itu Probiotik adalah mikroba yang menguntungkan bagi ikan. Mikroba itu antara lain bakteri asam laktat seperti Lactobacillus, Carnobacterium. (adpim/iniberita).

No More Posts Available.

No more pages to load.