PDAM Balangan Pembangunan Sumur Intake Direncanakan Dua Tahap

oleh -1104 Dilihat
Teks foto (istimewa). Instalasi pengolahan air bersih PDAM Balangan.

INIBERITA,id, BALANGAN- PDAM Balangan dalam pekerjaan pembangunan sumur intake di Instansi Pengolah Air (IPA), direncanakan dua tahap yaitu tahap pertama pada 2023 lalu

Pembangunan sumur intake tersebut ungkap Direktur PDAM Balangan Arie Wibowo, adalah merupakan program dari pemerintah pusat dan rencananya akan dilaksanakan sebanyak dua tahap.

Tahap pertama itu dikerjakan pada 2023 lalu, dengan anggaran sebanyak Rp 2,3 miliar, dengan adanya sumber intake itu nantinya, PDAM Balangan akan lebih mudah untuk menyimpan air baku dari aliran sungai.

Sekarang ini, pihaknya dalam mengambil air baku masih melalui ponton, di mana memiliki resiko ketika debit air surut ataupun air meluap.

“Hampir semua PDAM menyimpan air baku menggunakan sumur intake, lebih aman menjaga air baku, termasuk kualitas air baku akan lebih terjaga, karena air sempat mengendap,” ungkapnya.

Lebih jauh dijelaskan Arie Wibowo, ketika kualitas air baku terlau keruh, maka bahan kimia untuk pengolahan air akan ditambah, dengan adanya sumur intake di harapkan nantinya, air baku di IPA Gunung Pandau milik PDAM Balangan , lebih terjamin secara kualitas dan juga jumlahnya.
Dengan menggunakan sumur intake tersebut dan tidak penggunaan ponton resikonya hampir tidak ada lagi nantinya, karena menggunakan ponton resiko terbawa arus air sungai, di saat debit air tinggi.

Baca Juga :   Pemkab Balangan Dorong BUMDes di Balida Jadi Terbaik di Kalsel

“Saat ini dengan menggunakan ponton masih memiliki resiko terbawa arus air sungai saat debit air tinggi,”jelasnya. (iwn/iniberita).

No More Posts Available.

No more pages to load.