Pemkab Tala Dorong Desa Selamatkan Arsip Bersejarah

oleh -208 Dilihat
Foto Istimewa

INIBERITA.id, PELAIHARI- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tanah Laut (Tala) mendorong setiap desa, agar dapat menyelamatkan arsip-arsip yang mengandung nilai sejarah.

Penjabat (Pj) Bupati Tanah Laut, melalui Stap ahli bidang pemerintahan, hukum dan politik Sekretaris Daerah (Setda) Tala Nahrin Fauzi, arsip desa yang bersejarah apabila dikelola, dengan tertib dan baik, tentu akan bisa menjadi sumber informasi yang bermanfaat bagi berbagai pihak.

Sebab, informasi-informasi bermanfaat tersebut diantaranya, arsip bisa sebagai bahan penelitian sejarah, pengembangan budaya lokal, maupun menjadi dasar pengambilan kebijakan yang tepat.

“Kami harapkan, kegiatan ini dapat meningkatkan wawasan dan pengetahuan para kepala desa dan jajarannya tentang pengelolaan arsip sesuai dengan peraturan yang berlaku,”ujar Nahrin dihadapan para kepala desa se Tala dan perwakilannya, saat membuka kegiatan Sosialisasi Arsip dan Sejarah Desa di Gedung Sarantang Saruntung Pelaihari, Rabu (29/5/2024).

Adapun untuk menyukseskan kegiatan ini, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusip) Tala yang menggawangi kegiatan ini, menghadirkan narasumber berkompeten diantaranya dari Arsiparis Terampil Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kalimantan Selatan (Kalsel) dan Dosen dari Politeknik Negeri Tanah Laut (Politala). (Koominfo Tala/iniberita).

Baca Juga :   Ibnu Sina Tersingkir Dari Pencalonan Pilgub 2024

No More Posts Available.

No more pages to load.