Pemprov Kalsel Berikan Dana Hibah Rp1,5 Milyar ke UIN

oleh -970 Dilihat
Foto Istimewa

INIBERITA.id, BANJARBARU- Pemerintah Provinsi (Pemprovg) Kalsel melalui Bidang Kemasyarakatan dan SDM, menyerahkan bantuan dana hibah untuk Universita Islam Negeri (UIN) Antasil, di Gedung Serba Guna, Kampus 2 UIN di Banjarbaru, Sabtu (27/4/2024) siang.

Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor atau Paman Birin, melalui Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM Husnul Khatimah menyerahkan bantuan dana hibah sebesar Rp 1,5 miliar dan diterima Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Antasari Prof Mujiburrahman.

Usai penyerahan dana hibah, Gubernur Paman Birin menilai eksistensi perguruan tinggi semakin naik, jika dibarengi dengan pengembangan para sarjana sebagai bibit unggul di era sekarang.

“Momentum bersejarah ini, moga jadi renungan dan semangat baru bagi sarjana UIN Antasari ke depan. Pastinya jadi inspirasi bagi kita semua,” ungkap Paman Birin.

Terakhir, Paman Birin berharap dana hibah yang diberikan agar dimanfaatkan sebaik-baiknya. Bisa digunakan buat pengembangan dan pelatihan-pelatihan khusus, serta mencetak SDM yang berdaya saing di Bumi Kalsel Babussalam.

“Sebagai bentuk apresiasi lewat dukungan agar mendorong SDM di Kalsel. Jadi pribadi yang lebih baik sebagai seseorang profesional, berkualitas dan berdaya saing,”harapnya.

Baca Juga :   32 Provinsi Nyatakan Siap Ikuti Porwanas XIV Kalsel

Sementara itu, Rektor UIN Antasari Mujiburrahman menyampaikan rasa terimakasih atas dana hibah dari Pemprov Kalsel yang diserahkan melalui Gubernur Paman Birin.

“Kami ucapkan tanda terima kasih kepada Bapak Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor atau Paman Birin. Kali ini beliau memberikan bantuan dana hibah ke UIN Antasari,” ucap Rektor Prof Mujiburrahman di atas podium saat memberikan sambutannya.

Selama ini, Mujib menyebut sosok Paman Birin sudah tiga kali terlibat dan mengunjungi UIN Antasari. Pertama, Rektor Cup 1, kedua tentang HUT Resimen Mahasiswa Suryanata Satuan 602 Ke-56 dan ketiga, Vaksinasi Covid-19.

Mujib menyampaikan, selama ini Gubernur Kalsel memberi perhatian lebih ke kampus biru tersebut. Lantas bantuan itu, ia menyebut dana hibah yang diterima akan dimanfaatkan buat program studi. Baik itu di Nasional maupun internasional, sebagaimana peningkatan kapasitas mahasiswa ke depan.

“Melalui pelatihan keterampilan mahasiswa, program studi itu akan digenjot melalui dana hibah ini. Kemudian, ada juga pelaksanaan test psikologi buat seluruh mahasiswa kita,” terangnya.

Baca Juga :   Layanan Home Care Untuk Masyarakat Balangan Terus Digenjot

Lewat test psikologi itu, Mujib ingin mengetahui pengembangan bakat dan karir seorang mahasiswa ke depannya. Sehingga, menurutnya dapat difasilitas dalam pengembangan dari pelatihan tersebut.

“Agar meningkatkan kompetensi dan kapasitas tenaga pendidik, kegiatan-kegiatan internal maupun di luar nantinya. Dan salah satunya, pemenuhan sarana prasarana,” kata Mujib.

Selain itu, Mujib berharap ke depan dapat mendorong akreditasi program studi (prodi) dan akreditasi institusi lembaganya. Tahun akan datang, ia ingin melihat mahasiswa semakin berkembang dengan kemampuan, serta fasilitas dan penunjang lainnya juga dapat dinikmati oleh Civitas Akademik.

“Semoga, bantuan Bapak Gubernur Kalsel ini akan jadi amal jariyah,” ungkap Mujib, bersyukur. (adpim/iniberita).

No More Posts Available.

No more pages to load.