Pendaki Dinyatakan Hilang di Gunung Hauk Ditemukan

oleh -39 Dilihat
Foto. Umar (26) seorang pendaki yang sebelumnya dinyatakan hilang di Gunung Hauk Desa Ajung, Kecamatan Tebing Tinggi, Kabupaten Balangan telah ditemukan dan diminta keterangan oleh para relawan

INIBERITA.id, BALANGAN- Seorang pemuda yang mendaki Gunung Hauk di Desa Ajung, Kecamatan Tebing Tinggi, Kabupaten Balangan yang dinyatakan hilang, telah ditemukan warga setempat bersama para relawan.

“Kami sangat bersyukur pendaki yang dinyatakan hilang, sejak kemarin sore telah ditemukan, dengan keadaan selamat dan sehat,” kata Satina Ketua Pokdarwis Karang Bintang Desa Ajung, Kamis (14/7/22).

Dijelaskannya, pendaki tersebut ditemukan di Sungai Langkung, berjarak sekitar lima menit dari Batu Ajung dan langsung dibawa ke permukiman warga untuk dipulihkan kondisinya.

Sebelumnya, pemuda bernama Umar (26) tersebut, dilaporkan hilang oleh rekannya sesama pendaki, saat turun dari puncak Gunung Hauk, pada Rabu (13/7/22) sekitar pukul 16.00 Wita.

Kemudian, warga Desa Ajung melakukan penyisiran, pada malam hingga pagi, namun pemuda tersebut belum ditemukan.

“Kami langsung dibantu oleh tim BPBD Balangan, Basarnas, TNI/Polri, Orpala Bahara Giri, SMANSAPALA, keluarga pendaki, relawan damkar dan pihak kecamatan setempat hingga akhirnya pemuda ini kami temukan dengan selamat,” jelasnya.

Sementara itu. Menurut pengakuan Umar (26) mengungkapkan, saat itu dia turun terlebih dahulu, dari dua rekannya yang lain, yakni Latif dan Noval, dia berani berjalan sendirian, dengan bekal arahan dari rekannya, perihal jalur selalu mengikuti jalan yang ada.

Baca Juga :   Negatif, Sebanyak 23 Perwira Polres Balangan Dilakukan Teks Urine

“Saat menjelang senja hari mulai gelap, saya tidak menemukan jalur pendakian, saya pun ke luar jalur yang menyebabkan tersesat ke sisi lain gunung. Saat malam hari saya menyisir aliran sungai, namun dengan keadaan panik saya mencari tempat untuk beristirahat,”ungkap Umar.

Kemudian, saat malam hari, ia memberi tanda dari cahaya senter, tetapi tidak ada seorang pun yang datang, hingga akhirnya tertidur.

Terakhir tambahnya, ke esokan harinya, ia kembali melanjutkan perjalan mengikuti arus sungai dan akhirnya sekitar pukul 15.30 Wita, ia melihat warga yang melintas dan langsung meminta pertolongan.(wan/iniberita)

No More Posts Available.

No more pages to load.