PT Semesta Centramas Balangan Coal Group Usung 3 Program Unggulan

oleh -436 Dilihat
Teks foto. PT Semesta Centeamas saat mendapatkan penghargaan Top CSR Award 2024 # Star 4 dan Top Leader On CSR On Commitment 2024 atas nama Priyadi sebagai Direktur Utama.

INIBERITA.id, BALANGAN- PT Semesta Centramas Balangan Coal Group mengusung tiga program unggulan untuk Masyarakat.

Menurut Direktur Utama PT Semesta Centramas Priyadi saat selepas penghargaan, pihaknya sangat bersyukur atas penghargaan yang diraih.

Hal ini tentunya menunjukkan program CSR yang selama ini dilaksanakan, terbukti berhasil  selain selaras dengan tujuan perusahaan dan juga mampu memberi dampak besar yang positif, sehingga berhasil mendapat apresiasi yang begitu besar, karena sesuai dengan kriteria penilaian yang ada.

Program CSR yang selaras dengan tujuan perusahaan dan mampu memberi dampak besar yang positif adalah ada tiga yaitu, program kain sasirangan, program stunting dan program desa mandiri Adaro.

Diantaranya, program kain Sasirangan, hal ini merupakan program CSR yang dijalankan sebagai bentuk pelestarian budaya lokal kain khas Kalimantan Selatan yaitu berupa kain aasirangan.

Kegiatan ini memberikan akses alternatif usaha dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat, khususnya ibu-ibu yang ada di Desa Hukai untuk meningkatkan kreatifitas ibu-ibu, dalam melakukan produktifitas ekonomi saat berkumpul.

Kain sasirangan merupakan kerajinan kain khas Banjar, di mana kain ini merupakan sebuah simbol dan corak budaya Banjar, dari abad XII sebagai kain adat suku Banjar. Saat itu pemerintah daerah dan propinsi menggalakkan kain sasirangan, bahkan di setiap expo hampir semua daerah menampilkan kain sasirangan, dengan berbagai motif daerah masing-masing sebagai corak khasnya.

Baca Juga :   Tradisi Muharam, Warga Komplek PWI Sungai Andai Membuat Bubur Asyura

Program kerajinan kain sasirangan binaan perusahaan berbeda, dengan pengrajin kain sasirangan lainnya. Perbedaan paling mendasar pada kerajinan Kain Sasirangan binaan perusahaan adalah segi pelestarian lingkungan dengan menjaga ketat semua limbah yang dihasilkan setelah melakukan pewarnaan dengan tidak mengalirkan air limbah ke sungai ataupun lainnya, melainkan dibuat Eco Enziem sebagai langkah preventif mencagah lingkungan.

Program stunting dan.
program ini merupakan komitmen program CSR, melalui kolaborasi dan sinergi program antara Adaro Group Bersama pemerintah daerah dalam melakukan penanggulangan dan pencegahan stunting, dan dilakukan secara berkelanjutan dalam jangka 3 tahun berturut-turut (2022,2023 dan 2024).

Program Desa Mandiri Adaro merupakan program CSR yang dijalankan perusahaan, dalam rangka memberikan pembelajaran kemandirian, keterbukaan dan keleluasan desa secara bertanggung jawab, melalui forum Musrenbangdes dengan keterlibatan setiap perwakilan Masyarakat yang ada didesa, dalam penentuan program pemberdayaan ekonomi yang akan diusulkan.

Program Desa Mandiri Adaro menjadi salah satu program inisiasi yang dijalankan perusahaan, dalam rangka memberikan kemandirian desa dalam mengembangkan dan menjalankan program untuk mengembangkan potensi ekonomi desa yang dilaksanakan secara bertanggung jawab.(meidy/iniberira).

No More Posts Available.

No more pages to load.