Ribuan Warga dan ASN Sholat Istisqa, Bermunajat Memohon Hujan Cepat Turun

oleh -309 Dilihat
Foto Istimewa

INIBERITA.id, BANJAR- Gubernur Kalsel atau Paman Birin melalui Sekda Provinsi Kalsel Roy Rizali Anwar, menggelar Sholat Istisqa untuk meminta hujan di Mesjid Agung Al Karomah Martapura, pada Kamis (7/9/23).

Bersama ribuan jamaah yang terdiri dari ASN Lingkup Pemerintah Provinsi Kalsel, anggota TNI, Polri, masyarakat, serta alim ulama, bermunajat meminta hujan kepada Allah SWT berlangsung khusyu.

Tampak ikut Sholat Istisqa istri Gubernur Kalsel Paman Birin Hj Raudatul Jannah yang juga Ketua TP PKK Provinsi Kalsel, berbaur bersama jamaah perempuan lainnya.

Pimpinan Pondok Pesantren Tahfidzul Al-Quran Darussalam Martapura KH Wildan Salman bertindak selaku Imam dan Pimpinan Ponpes Darussalam Martapura KH Hasanuddin Badruddin selaku Khatib di dalam Sholat Istisqa.

Dalam khutbahnya tersebut KH Hasanuddin menjelaskan, tentang sholat istisqa yang merupakan sholat sunnah sebanyak dua rakaat yang dijalankan untuk memohon hujan.

“Kita para umat Muslim dianjurkan untuk melaksanakan Sholat Istisqa, melaksanakan Sholat Istisqa hukumnya sunnah muakkad yang artinya sangat dianjurkan. Melaksanakan sholat istisqa saat terjadi kekeringan merupakan salah satu bentuk ikhtiar yang ditujukan kepada Allah SWT”. Jelasnya.

Baca Juga :   90 Persen Karyawan Setwan Kalsel Masuk Kerja Hari Pertama Paska Libur Lebaran

Beliau juga mengajak masyarakat untuk saling introspeksi diri, dengan harapan agar cobaan-cobaan seperti kekeringan panjang, kebakaran hutan

Dan kabut asap dapat diangkat oleh Allah SWT. dosa yang disebabkan oleh kesombongan dan keserakahan kita sebagai manusia.

“Mari kita introspeksi diri, bertaubat, menyerahkan diri kepada Allah, serta merenungkan kesombongan yang tidak sejalan dengan ajaran Nabi Muhammad SAW, dan berkomitmen untuk tidak mengulanginya lagi,” ujarnya.

KH Hasanuddin Badruddin juga menekankan, bahwa meskipun kita dihadapkan dengan kekeringan, Allah tetap penuh kasih dan memberikan kesempatan kepada kita untuk bertaubat, meninggalkan kesombongan, dan memperbaiki kelalaian kita.

“Dengan dilaksanakannya Sholat Istisqa ini kita berharap agar segera dapat di turunkan hujan guna menghindari kekeringan panjang dan musibah lainnya seperti kebakaran hutan dan lahan, seraya selalu mengingat apa saja yang membuat kita melanggar hukum Allah dan mari kita perbaiki secara bertahap, tebuslah amalan buruk mu dengan amal kebajikan, kebajikan tersebut akan menghapus amal burukmu,”ujarnya.

Sementara itu saat ditemui usai sholat istisqo, Madi yang merupakan salah satu warga Martapura yang turut dalam sholat istisqa, menyampaikan harapannya bahwa semoga hujan akan turun setelah pelaksanaan sholat tersebut.

Baca Juga :   Hadiri Haul Datu Kalampayan Ke-218, Paman Birin dan Acil Odah Membaur Bersama Jamaah

“Kami berdoa semoga setelah sholat ini, hujan turun deras hari ini,” ungkap Madi dengan penuh harap.

Senada dengan Madi, Syakhir salah satu ASN Pemprov mengaku, antusias mengikuti Sholat Istisqa yang dilaksanakan Pemprov Kalsel bersama warga Banua.

“Alhamdulilah bisa mengikuti Sholat Istisqa. Semoga berkah dan hujan segara diturunkan Allah SWT,” kata Syakhir. (adpim/iniberita).

No More Posts Available.

No more pages to load.