Satgas Karhutla Balangan Dirikan Posko Cegah Karhutla

oleh -15 Dilihat
Foto. Kepala Pelaksana BPBD Balangan Rahmi dan jajaran saat bersiaga di posko Karhutla di sebrang Masjid Al-Akbar Balangan.

INIBERITA.id, BALANGAN-
Satuan petugas (Satgas) kebakaran hutan dan lingkungan (Karhutla) Kabupaten Balangan mendirikan posko, setelah ditetapkan status siaga Karhutla, beberapa waktu lalu untuk mencegah terjadi adanya Karhutla di Balangan.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Balangan H Rahmi mengatakan, keberadaan posko ini dimaksud sebagai pusat informasi dan dalam rangka upaya pencegahan, kesiapsiagaan serta melakukan sosialisasi edukasi ke masyarakat.

“Tentunya posko ini juga menjadi wadah tim Satgas Karhutla yang berjaga setiap harinya dan untuk berkoordinasi,” kata Rahmi, di Paringin. Rabu (3/8/22).

Rahmi mengungkapkan, berdirinya keberadaan Posko Karhutla ini, akan diisi berbagai kegiatan untuk pencegahan Karhutla, di Kabupaten Balangan termasuk apel dan patroli.

Selanjutnya, rencana posko ini akan berdiri terhitung sejak 1 Agustus hingga 31 Agustus mendatang, terlebih berdasarkan data dari BMKG, bahwa puncak kemarau terjadi pada bulan Agustus.

“Setelah sebulan, kami akan melakukan evaluasi yang nantinya menjadi keputusan apakah berdirinya posko dilanjut atau tidak,” ungkapnya.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Balangan menambahkan, lamanya keberadaan posko siaga, akan dipengaruhi lamanya kemarau yang terjadi di Kabupaten Balangan, sehingga tidak menutup kemungkinan posko masih berdiri setelah Agustus.

Baca Juga :   Penuhi Standar Pelayanan Minimal, RSUD Balangan Gelar Pelatihan BTCLS

Pihaknya berharap, masyarakat dapat turut berpartisipasi dalam pencegahan Karhutla di Kabupaten Balangan yang dampaknya ialah bencana asap.

Yaitu dengan segera segera melaporkan kepada aparat desa atau Satgas Karhutla apabila mendapati adanya Karhutla di lingkungan mereka.(wan/iniberita)

No More Posts Available.

No more pages to load.