Sebagai Benteng Stunting Dalam Keluarga

oleh -23 Dilihat
Foto.Sekdaprov Kalsel Roy Rizali Anwar didampingi Ketua DPRD Prov Kalsel dan Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Kalsel.

INIBERITA.id, BANJARBARU- Momentum Peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) yang Ke-29, menjadi momen untuk menyatukan komitmen menjadikan keluarga, sebagai benteng utama, dalam pencegahan stunting dalam keluarga.

Hal ini diungkapkan Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor, dalam sambutannya yang dibacakan Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Selatan, Roy Rizali Anwar, saat Peringatan Hari Keluarga Nasional (HARGANAS) Ke-29 Tahun 2022 di Halaman Kantor BKKBN Kalsel.

Gubernur yang akrab disapa Paman Birin mengatakan, dengan mengusung tema Ayo Cegah Stunting, agar keluarga bebas stunting, pada peringatan Harganas 2022 ini, sekiranya menggugah kesadaran semua pihak, agar memperhatikan kecukupan gizi, di lingkungan keluarga masing-masing.

Paman Birin menuturkan, di tahun 2024 target penurunan stunting 14 persen, kiranya bukan hal yang mudah untuk dilakukan. Namun, dengan sisa waktu 2 tahun ini, tidak boleh menyerah.

Dengan catatan seluruh pihak dapat bergotong royong, berkontribusi secara aktif, saling berkerjasama dan bersatu padu dalam upaya percepatan penurunan stunting.

Menurutnya, keterpenuhan gizi bukan hanya berkaitan, dengan kemampuan ekonomi suatu keluarga, tetapi juga dipengaruhi kultur dan budaya yang tumbuh dalam lingkungan keluarga.

Baca Juga :   Skor 1-0, Bola Banua Juarai Sepakbola Legenda 2022

Dalam kesempatan itu Paman Birin, mengajak kepada semua pihak, mulai dari kalangan pemerintah daerah, instansi terkait, mitra kerja swasta, akademisi , media, unsur masyarakat dan keluarga untuk melibatkan diri, secara aktif dalam percepatan penurunan stunting di Kalsel, dengan peran dan fungsi masing-masing.

Usai acara seremonial, Sekdaprov Kalsel Roy Rizali Anwar didampingi Ketua DPRD Prov Kalsel dan Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Kalimantan Selatan, meninjau beberapa stand UMKM, melihat langsung operasi pemasangan implan KB serta meresmikan area podcast “PALIAT” yang digagas oleh BKKBN Kalsel. (benk/iniberita)