Sebanyak 7 Peserta Belum Dinyatakan Kompeten

oleh -57 Dilihat
Foto. Ketua Dewan Pembina PWI Kalsel Fathurahman memberikan sambutan dan mengumumkan peserta UKW yang kompeten dan belum kompeten yang digelas selama dua hari di Hotel Aston Banjarmasin.

INIBERITA.id, BANJARMASIN- Sebanyak 7 peserta yang belum dinyatakan kompeten, pada pelaksanaan Ujian Kompetensi Wartawan (UKW) yang digelar oleh Universitas Prof Dr Moestopo, bekerjasama dengan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kalsel.

Dari 7 peserta yang belum kompeten adalah, 4 peserta dari PWI Kalsel dan 3 peserta UKW dari Universitas Prof Dr Moestopo, dengan demikian dari PWI sebanyak 29 orang, dinyatakan kompeten 25 orang dan peserta dari Prof Dr Moestopo 27 peserta, dinyatakan kompeten 24 orang.

Mantan Ketua PWI Kalsel Fathurrahman, dalam sambutannya mengungkapkan, peserta yang belum kompeten jangan berkecil hati, masih ada kesempatan lain dan terus belajar, terutama meningkatkan pemahaman tentang hukum, etika dan akhlak mulai harus didepankan.

Selain itu, bagi wartawan yang dinyatakan kompeten, selain mampu melaksanakan tugas sebagai jurnalis yang profesional dan juga menjaga adab terutama para naras umber, terutama saat memnbuat berita.

“Kami sebagai penguji ucapakan selamat bagi peserta yang dinyatakan kompeten dan bagi peserta belum kompeten jangan berkecil hati, tertundanya ini merupakan sebuah pembelajaran kita,” ungkapnya.

Baca Juga :   Kodim 1001/HSU-BLG Ikuti Rakor Daftar Pemilih Berkelanjutan Triwulan Ketiga

Sementara itu, Ketua PWI Kalsel Zainal Helmie mengatakan, total anggota PWI Kalsel yang menyandang predikat kompeten sebanyak 400 orang dan ini pihaknya akan terus menggelar UKW tersebut.

Menurutnya, bagi wartawan yang sudah kompeten, tentunya mempunyai nilai tambah tersendiri, terutama disaat menjalankan tugasnya, percuma kompeten tetapi tidak diimbangi, profesional, akhlak serta adab yang baik.

“Seorang wartawan harus menjaga marwahnya dan dapat menjaga profesionalitasnya, berdasarkan Kode Etik Jurnalistik, Undang-Undang Pers hingga Pedoman Pemberitaan Ramah Anak (PPRA),”katanya.

Perlu diketahui, pelaksanaan UKW angkatan XXVI ini difasilitasi Dewan Pers diselenggarakan PWI dan Fakultas Ilmu Komunikasi Prof Dr Moestopo (Beragama), dengan penguji dari PWI dan lembaga lain.

Penguji dari PWI adalah Ketua Dewan Pembina PWI Kalsel Fathurahman, Ketua PWI Kalsel Zainal Helmie, Ketua PWI Kalteng Haris Sadikin, Toto Fachrudin (PWI Kalsel) dan Pahit S Narottama (PWI Kalteng).

Sedangkan untuk penguji UKW, dari Prof Dr Moestopo yakni, Retno Intani dari TVRI, Wahyudi M Pratopo (Tempo), Nurcholis Basari dari Tugu Media Grup dan Muhammad Nasir dari Kompas. (iniberita/ant).

No More Posts Available.

No more pages to load.