Titik Pertama Turdes, Paman Birin Acil Odah Serahkan Bantuan Warga Kurau Tanah Laut

oleh -548 Dilihat
Teks foto, Paman Birin dan Acil Odah saat menyerahkan bantuan.

INIBERITA.id, TANAH LAUT- Titik pertama rombongan Turdes 2024, Menembus Batas Ke-10, bergerak dengan kekuatan rakyat menuju Indonesia emas germas cinta Banua yang dipimpin langsung, oleh Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor atau Paman Birin dan bersama sang isteri Acil Odah, di Kecamatan Kurau Kabupaten Tanah Laut dan menyerahkan bantuan untuk warga setempat. Senin (1/7/2024).

Sebelum memberikan sambutan, Paman Birin terlebih dahulu meminta dua anak untuk maju kedepan memberikan pertanyaan, mulai dari pelajaran hitung menghitung hingga hafalan Pancasila dan Paman Birin langsung memberikan hadiah uang sebesar Rp500 ribu perorang untuk dapat menjawab pertanyaan tersebut.

“Alhamdulillah, hari ini, kita berkumpul bersama dalam keadaan sehat dan bahagia. Kegiatan ini merupakan rangkaian dari Turdes ke-10 tahun 2024. Dan Desa Ladang Luas menjadi titik singgah pertama dalam perjalanan Turdes ke-10 ini,” ujar Paman Birin.

Dalam kesempatan itu, Paman Birin menyerahkan bantuan, dari Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Kalimantan Selatan untuk Kabupaten Tanah Laut sebesar Rp 80,7 Miliar rupiah.

Baca Juga :   Ukur Kemampuan Atlet Sebelum Kompetisi, Tim Domino PWI Kalsel Gelar Uji Tanding di Bali

Dengan rincian bantuan paket sembako sebanyak 128 paket senilai Rp 12,8 juta, bantuan seragam PPL seblanyak 192 stel senilai Rp 76,8 juta, bantuan JUT 6500 meter senilai Rp 2,4 miliar, bantuan Opla 16 ribu Ha senilai Rp 75,0 miliar, bantuan saprodi OPLA Rawa 230 Ha senilai Rp 966 juta, bantuan saprodi Tanaman Pangan APBD Provinsi 2024 senilai Rp 602,4 juta, bantuan saprodi tanaman pangan APBN 2024 senilai Rp50 juta, bantuan saprodi horti seluas 70 Ha senilai Rp 1,4 miliar, dan bantuan pompa air 3inc 134 unit dan pompa air inc 6 unit.

“Mudah-mudahan bantuan ini bermanfaat untuk masyarakat petani kita yang ada di Tanah Laut. Dan hasil pertaniannya lebih maksimal lagi di musim panen mendatang,”ujar Paman berharap.

Rangkaian kegiatan tersebut, mulai dari Sunatal massal, pembagian sembako, pembagian untuk anak khitan, hibah kepada BUMDes, penanaman pohon, bantuan untuk anak sekolah, penyerahan paket peternatakan dan perkebunan, pemberian produk ikan olahan, pembagian bendera merah putih, pemberian baperstock untuk penguatan logistic kebencanaan, bantuan APAR/Tas Siaga Bencana, Bantuan anak dan remaja pembagian buku pahlawan nasional kalsel kepada HDC 45, dan pembagian bibit.

Baca Juga :   Tradisi Muharam, Warga Komplek PWI Sungai Andai Membuat Bubur Asyura

Sementara itu, Pj Bupati Tanah Laut H Syamsir Rahman mengucapkan selamat datang di Kabupaten Tanah Laut untuk Paman Birin dan Istri serta rombongan turdes.

“Terima kasih dan menjadi sebuah kebanggan bagi kami telah menjadikan Tanah Laut sebagai titik pertama dalam perjalanan turdes yang akan berlangsung seminggu ini,”ungkap Syamsir.

Dirinya juga mengucapkan terimakasih, atas kepedulian Paman dan Acil Odah dengan alokasi bantuan yang cukup besar, bagi para petani di Kabupaten yang memiliki ikon Kijang Emas tersebut.

“Tanah laut sebagai lumbung pangan kedua setelah kabupaten Barito Kuala, tentunya mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya atas bantuan yang diberikan ini. Semoga produktifitas pertanian di kabupaten ini semakin meningkat dan semakin baik kedepannya,”katanya.

Dilain tempat, Kepala Desa Padang Luas Suwardana (56), saat diwawancarai mengatakan, rasa bannganya desanya menjadi salah satu desa yang dikunjungi Gubernur Kalsel Paman Birin saat melaksanakan misi Turdes ke-10.

“Bahagia Paman Birin bisa kesini. Sejak pagi masyarakat sudah memenuhi halaman kecamatan, banyak juga pedagang jualan karena Paman Birin hadir ke desa ini. Alhamdulillah, hari ini sidan juga menyerahkan bantuan kepada para petani kita,” ucapnya.(adpim/iniberita).

Baca Juga :   Jelang Porwanas 2024, Tim Balogo PWI Kalsel Terus Tingkatkan Latihan

 

 

 

No More Posts Available.

No more pages to load.