Metode Daur Ulang Limbah Non Medis, Pemkab Balangan Berikan Penghargaan 10 Inovasi Terbaik

oleh -1240 Dilihat
Teks foto. Penghargaan bagi inovasi terbaik dalan Lomba Inovasi Balangan.

INIBERITA.id, BALANGAN-  Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Balangan melalui Badan Perencanaan, Pembangunan, Riset dan Inovasi Daerah (Bapperida) memberikan penghargaan, kepada 10 inovasi terbaik dari lomba inovasi Balangan atau Bailang, Rabu (4/9/2024).

Kepala Bapperida Balangan Rakhmadi Yusni mengungkapkan, penghargaan  diserahkan kepada 10 inovasi terbaik yang diikuti, oleh seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di Kabupaten Balangan.

Rencananya kegiatan ini akan memperluas cakupan lomba Bailang, agar tidak hanya melibatkan SKPD, tetapi tenaga pendidik, desa dan UMKM di Kabupaten Balangan.

“Tujuannya dari lomba ini untuk meningkatkan kualitas pelayanan pemerintahan kepada masyarakat, melalui inovasii tersebut, bahkan menjadi budaya dalam memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat Balangan,”ungkapnya berharap.

Menurutnya, salah satu inovasi yang menonjol, dalam ajang itu adalah, karya dari RSUD Datu Kandang Haji Balangan yang dikembangkan, oleh inovator Muhammad Fitrah, dengan nama “Papah Modis Dalang Batik”.

Bahkan, Muhammad Fitrah merasa syukur, atas terpilihnya inovasi Papah Modis Dalang Batik, sebagai juara 1 pada Bailang 2024.

Dijelaskannya, inovasi ini berupa pengelolaan dan pemilahan limbah non-medis, melalui metode daur ulang yang kemudian diubah menjadi paving block dan batako plastik.

“Saya merasa bersyukur bahwa inovasi kami ini, dipercayai menjadi juara 1. Inovasi sangat menarik, karena latar belakangnya adalah untuk mencegah kasus-kasus penyalahgunaan limbah medis seperti botol infus,”jelasnya. (iwn/iniberita).

No More Posts Available.

No more pages to load.