Tiga Fraksi Boikot Tak Hadiri Pelantikan Pimpinan Definitif  DPRD Banjarmasin

oleh -1445 Dilihat
Teks foto, Unsur Pimpinan DPRD Kota Banjarmasin saat melakukan penandatanganan.

INIBERITA.id, BANJARMASIN- Tiga fraksi boikot tak hadiri, rapat paripurna pengucapan sumpah/ janji Pimpinan Definitif DPRD Kota Banjarmasin, masa jabatan 2024-2029. Senin (30/9/2024).

Tiga fraksi yang melakukan boikot itu adalah, fraksi PDI Perjuangan dan PPP, fraksi Demokrat dan fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) DPRD kota Banjarmasin, ketidak hadirnya sebanyak 16 anggota dewan terhormat ini, diduga buntut dari belum beresnya, dalam proses pembentukan Alat Kelengkapan Dewan (AKD) DPRD Kota Banjarmasin tersebut.

Menurut informasi terpercaya, sebelum proses pengumuman pimpinan DPRD Banjarmasin dilaksanakan, dilakukan proses pembahasan pembentukan komisi. Namun dalam rapat pembentukan komisi, belum ada kata sepakat.

Akibatnya, hingga proses pengumuman unsur pimpinan DPRD definitif, empat komisi di DPRD Banjarmasin belum terbentuk. Bahkan terjadi aksi boikot pada rapat paripurna pengumuman pimpinan DPRD Banjarmasin definitif.

Ketua DPRD Banjarmasin Rikval Fachruri, saat dikonfirmasi  pihaknya enggan berkomentar terkait ketidak hadirkan sejumlah anggota DPRD Banjarmasin, saat rapat paripurna tersebut.

Dirinya mengakui,  pihaknya sudah membahas terkait Alat Kelengkapan Dewan (AKD) dan diharapkan bisa segera selesai, kalau AKD belum terbentuk tentunya semua program pembangunan berdampak.

Baca Juga :   HM Yamin HR Hadiri Deklarasi Baramuda

“Kita targetkan tanggal 3 sudah selesai, sebab sejauh ini tidak ada kendala hanya dinamika-dinamika biasa dalam sebuah organisasi,”ujarnya.

Sekretaris DPRD Banjarmasin Iwan Ristianto mengungkapkan, prosesi sidang paripurna pengumuman pimpinan DPRD Banjarmasin, berjalan lancar sesuai dengan agenda, meskipun dalam pelaksanaannya beberapa anggota atau fraksi tidak hadir.

Menurutnya, tugas dan hal-hal yang berkaitan, dengan sekretariat telah pihaknya sudah melaksanakan, mulai dari persiapan, undangan hingga paripurna berlangsung.

“Kalau ada fraksi yang tidak hadir, maka itu adalah keputusan mereka. Kami sudah memberikan undangan dan pemberitahuan terkait paripurna hari ini,” ungkapnya.

Lebih juah Iwan menjelaskan, proses selanjutnya setelah pelantikan pimpinan fefinitif ini, akan dilaksanakan proses Diklat pembekalan, para pimpinan dan anggota di Kota Banjarbaru.

“Proses pembekalan itu, dijadwalkan sejak hari ini registrasi dan selesai pada hari Jumat nanti,”jelasnya.(benk/iniberita).

 

 

 

 

No More Posts Available.

No more pages to load.