Banjarmasin Tuan Rumah ICCF Fasilitas Karya Pelaku Ekraf Se- Indonesia

oleh -170 Dilihat
Foto Istimewa

INIBERITA.id, BANJARMASIN- Kota Banjarmasin menjadi tuan rumah pagelaran Indonesia Creative Cities Festival (ICCF) 2023, sebelumnya ditunjuk oleh Indonesia Creative Cities Network (ICCN), dengan tema Cangkurah Kayuh Baimbai yang berlangsung, di Kawasan Siring Menara Pandang. Rabu (18/10/23).

H Ibnu Sina merasa gembira membuka salah satu rangkaian ICCF 2023 yaitu Indonesia Creative Expo di Banjarmasin, sekaligus sebagai tuan rumah festival kolaborasi akraf antar daerah tersebut.

” Festival ini mengusung semangat kreatifitas dengan empat agenda utama. Kreatifitas telah dimulai dengan tour kreatif yang sudah dimulai pagi tadi, diikuti oleh Kreatif Expo yang berlangsung siang ini,” ujarnya.

Walikota Banjarmasin juga berharap, festival ini akan menjadi panggung bagi para pelaku ekonomi kreatif (ekraf) untuk memamerkan hasil karya mereka, termasuk dalam bidang animasi, kerajinan, musik, dan berbagai bentuk seni lainnya.

Selain itu, sebagai wujud dukungan khusus untuk pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM), dengan 250 kota/kabupaten yang diundang untuk hadir di Banjarmasin, menunjukkan keragaman ekraf di seluruh Indonesia.

“Saya ingatkan festival ini tempat kita berbagi pengalaman dan bukan bersaing satu sama lain, tetapi untuk saling melengkapi. Festival ini juga membangun atmosfer yang memungkinkan kolaborasi antara kota-kota dan pelaku ekraf dari seluruh Indonesia,”ungkap H Ibnu Sina.

Dikatakan H Ibnu Sina, dirinya berharap 17 subsektor ekraf yang ada di ICCF, dapat tumbuh dan berkembang di Banjarmasin dan berkomitmen untuk memberikan dukungan ruang bagi pelaku ekraf, seperti Kreatif Hub.

“Saya cukup optimis bahwa festival ini akan berjalan lancar karena ada kerjasama antara panitia nasional dan daerah. Ini adalah kesempatan bagi semua peserta untuk belajar, berbagi, dan memperkuat jejaring kota kreatif di Indonesia,”katanya.

Turut hadir dalam kegiatan Ketua Umum ICCN Fiki Satari, bupati Balangan H Abdul Hadi, Sekretaris Daerah Kota Banjarmasin Ikhsan Budiman, didampingi ketua harian Dekranasda kota Banjarmasin, Rusdiati, Kepala Bidang Ekonomi Kreatif Disbudporapar Banjarmasin, Widya Fellisa, Forkopimda, sejumlah kepala SKPD serta rombongan peserta ICCF.(silvi/iniberita).

No More Posts Available.

No more pages to load.