BPBD Balangan Mengimbau Warga Waspadai Kebakaran Saat Ramadhan

oleh -1484 Dilihat
Dokumentasi - Sejumlah warga dan relawan berupaya memadamkan api di lokasi kebakaran Desa Maradap, Kecamatan Paringin Selatan, Kabupaten Balangan, Kalimantan Selatan, Sabtu (2/3/2024) malam.

INIBERITA.id, BALANGAN- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Balangan mengimbau, kepada warga agar mewaspadai, terhadap kebakaran selama Ramadhan tersebut.

“Karena sedikit saja lalai maka musibah kebakaran tidak dapat dihindari,” ungkap Kepala Pelaksana BPBD Balangan Rahmi, saat dikonfirmasi di Paringin, Minggu (3/3/2024).

Rahmi menegaskan, sebenarnya pihak BPBD Balangan, tidak henti-hentinya mengingatkan kepada warga, agar selalu meningkatkan langkah pencegahan dan kewaspadaan kebakaran yang sekarang ini sering terjadi di Kabupaten Balangan.

berkaitan dengan itulah, BPBD Balangan juga menngkatkan untuk melakukan sosialisasi, terhadap musibah kebakaran, baik secara langsung dengan menghampiri ke rumah warga dan melalui media sosial, seperti Facebook dan Instagram serta media cetak dfan online.

“Terutama saat hendak ibadah Shalat Tarawih, pihaknya meminta agar warga memastikan api kompor mati setelah digunakan memasak makanan,”tegasnya,

Dikatakanya, begitu juga dengan kabel listrik atau colokan, di dalam rumah yang sudah tidak layak pakai, agar segera diganti untuk menghindari hal yang tidak diinginkan.

Selain itu, penggunaan lilin dan lampu teplok, di saat pemadaman listrik dan pastikan kembali kondisi rumah aman sebelum ditinggalkan.

Baca Juga :   Pemkab Balangan Terus Kembangan Pariwisata Alam

Sebelumnya, Rahmi juga mengingatkan agar potensi bencana alam, seperti puting beliung, banjir, dan longsor selama musim hujan berintensitas tinggi.

“Jangan sampai karena keteledoran kita musibah terjadi, mari kita tingkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan guna mengantisipasi terjadinya musibah atau bencana,”kata Rahmi.

Berdasarkan data dari BPBD Kabupaten Balangan, kebakaran telah terjadi sebanyak tujuh kali, dengan 15 rumah yang terdampak, selama periode Januari-Maret 2024.(iwn/iniberita).

 

 

No More Posts Available.

No more pages to load.