Bupati Dukung Desa Liyu Kembangkan Potensi Pariwisata

oleh -269 Dilihat
Foto. Bupati Balangan Abdul Hadi bersama Forkopimda saat menari bersama pada gelaran Mesiwah Pare Gumboh di Desa Liyu, Kabupaten Balangan.

INIBERITA.id, BALANGAN-
Bupati Balangan Abdul Hadi
dukung Desa Liyu untuk mengembangkan potensi pariwisata, dalam mengemas mempercantik untuk menarik, para pengunjung lokal dan luar datang ke Balangan.

“Saya selaku kepala daerah sangat mendukung sekali pengembangan pariwisata di Liyu ini, namun tentu harus diimbangi dengan pelayanan yang berkualitas,”ungkap Abdul Hadi usai membuka kegiatan Mesiwah Pare Gumboh ke-4 di Desa Liyu, Kecamatan Halong, Kabupaten Balangan, Sabtu(23/7/22).

Hal ini perlu dipahami ujar Bupati, dalam segi pelayanan itu, bukan hanya tentang akomodasi atau hal yang berkaitan langsung, dengan pemenuhan kebutuhan pengunjung dan yang terpenting adalah, pelayanan mencakup sikap seluruh warga masyarakat terhadap para pengunjung.

Dirinya sangat mengapresiasi khuususnya seluruh pihak terkait, atas konsistensinya dalam menggelar syukuran panen secara adat, sekaligus mengemasnya sebagai kegiatan wisata tahunan yang mengangkat nama Kabupaten Balangan.

“Salah satunya adalah langkah strategis, pada satu sisi mengangkat dan melestarikan adat istiadat dan kekayaan budaya kita dan di sisi lain membangun sektor pariwisata kita yang sesuai dengan visi misi kami,” ujarnya.

Tambahkan, Abdul Hadi ungkapnya, orientasi pelayanan pengunjung harus dioptimalkan tanpa mengorbankan kearifan lokal dan tanpa melanggar nilai-nilai budaya lokal, serta jangan mengorbankan budaya aslinya, demi menyenangkan orang luar.

Sementara itu, Kepala Desa Liyu Sukri mengungkapkan, semua rangkaian kegiatan tersebut dapat berjalan dengan baik dan lancar yang tidak lain berkat dukungan dari pemda dan pihak terkait lainnya.

“Terima kasih kepada pemda, pihak perusahaan serta pihak lainnya yang telah turut serta mendukung penuh kegiatan kami ini. Kami sangat berharap kegiatan ini dapat menjadi kebanggaan Balangan di Kalsel maupun internasional nantinya,” ungkap Sukri.

Diketahui, Mesiwah Pare Gumboh sendiri merupakan ritual perayaan panen bersama yang diselenggarakan masyarakat Dayak Deah di Desa Liyu, Kecamatan Halong, Kabupaten Balangan yang diselenggarakan setiap tahunnya.(wan/iniberita)

No More Posts Available.

No more pages to load.