Bupati Warga Gelar Tradisi “Malunta Serta Bagagap Iwak”

oleh -380 Dilihat
Foto. Sejumlah warga saat melakukan tradisi Malunta di Tabat Besar Kali Meraup Desa Panggung, Kecamatan Paringin Selatan, Kabupaten Balangan.

INIBERITA.id, BALANGAN- Bupati Abdul Hadi bersama ratusan warga, di Tabar Besar Kali Meraup, Desa Panggung Kecamatan Paringin Selatan Kabupaten Balangan, menggelar tradisi “malunta serta bagagap iwak”.

Tradisi ini sudah dilaksanakan, oleh warga desa setempat sejak zaman dulu, karena malunta sendiri adalah salah satu, cara masyarakat banjar untuk mencari ikan, dengan cara menjala di sungai.

Sedangkan Bagagap Iwak itu adalah, merupakan tradisi masyarakat banjar dalam menangkap ikan, menggunakan tangan dengan cara langsung terjun ke sungai.

Abdul Hadi berharap, kegiatan ini berlangsung terus menerus, sebagaimana yang sudah dilakukan, selama puluhan tahun terakhir ini.

“Saya sangat senang sekali dapat kembali mengikuti tradisi ini, karena saat kecil hal ini menjadi kesenangan saya,”ungkap Bupati Balangan Abdul Hadi di Paringin, Jum’at (24/6/22).

Sementara itu. Abidin warga setempat menceritakan, tradisi ini sudah lama berjalan, bahkan yang banyak warga ikut kegiatan ini, kemungkinan sejak kecil hingga tua.

Perlu diketahui, tidak ada tanggal atau bulan, pasti untuk menjalankan tradisi ini., nmun biasanya akan berlangsung, pada musim kemarau.

Baca Juga :   Jelang Porwanas 2024, PWI Kalsel Menjamu Kedatangan PWI Kaltim

“Kami berupaya agar tradisi ini selalu berjalan setiap tahunnya,” ungkap Abidin. (wan/iniberita)

No More Posts Available.

No more pages to load.