Di HPSN, Paman Birin Ajak ASN Pemprov Peduli Lingkungan

oleh -768 Dilihat
Foto Istimewa

INIBERITA.id, BANJARBARU- Di Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) tahun 2024, Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor atau Paman Birin, mengajak seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalsel untuk peduli terhadap lingkungan.

Ditegaskan Paman Birin, HPSN menjadi momen untuk merefleksikan kepedulian masyarakat, terhadap lingkungan yang asri dan bebas sampah harus diwujudkan, dengan kerjasama dan gotong royong antara semua kelompok masyarakat.

Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor atau Paman Birin melalui Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik Adi Santoso S Sos MSi, memberikan sambutan pada acara Aksi Bersih Negeri yang merupakan bagian dari rangkaian kegiatan HPSN Tahun 2024 yang dilakukan di kawasan perkantoran Sekretariat Daerah Provinsi Kalimantan Selatan, Banjarbaru. Sabtu (9/3/2024) pagi.

Menurut Paman Birin, sampah selalu menjadi masalah lingkungan yang harus tanggulangi bersama, mulai dari membangun kesadaran diri sendiri untuk senantiasa membuang sampah pada tempatnya, hingga mengajak orang-orang sekitar untuk menerapkan kebiasaan yang sama..

Diharapkan, ditingkat kebijakan, pengelolaan sampah harus dilakukan, dari hulu ke hilir secara berkelanjutan, dengan melibatkan masyarakat dan komunitas lingkungan.
“Hal ini tugas semua ASN bersama masyarakat untuk merawat kebersihan kawasan perkantoran ini, agar juga selaras dengan penghijauan yang dikelola di sekitarnya”ujarnya.

Baca Juga :   Ukur Kemampuan Atlet Sebelum Kompetisi, Tim Domino PWI Kalsel Gelar Uji Tanding di Bali

Sementara itu, Penasehat Senior Menteri Bidang Koridorisasi LHK, dalam Konteks Nawacita Chalid Muhammad SH, saat memimpin aksi bersih-bersih tersebut mengatakan, dirinya memberikan apresiasi kepada seluruh peserta “Aksi Bersih Negeri” yang dilakukan secara serentak seluruh Indonesia, kegiatan semacam ini dapat terus di tumbuhkan, guna menciptakan lingkungan yang bersih dan menjadi contoh kepada masyarakat luas.

“Semoga dalam rangkaian pelaksanaan HPSN 2024 ini, masyarakat kita dan semua dari kita ikut andil dalam mengurangi masalah sampah yang sering kali terjadi di sekitar kita,”kata berharap.

Pada acara tersebut, turut hadir Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kalsel Hanifa Dwi Nirwana, SKPD Provinsi Kalimantan Selatan, UPT KLHK di Kalimantan Selatan, pegiat kebersihan lingkungan Kota Banjarbaru dan peserta Green Leadership Indonesia.

Aksi bersih dilaksanakan pada 14 titik lokasi yang tersebar di Kawasan Perkantoran Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan. Aksi bersih diikuti oleh sekitar 250 orang. Sementara Sampah yang dikumpulkan selanjutnya dipilah sesuai jenisnya dengan total sampah sebanyak 271,78 kilogram. (adpim/iniberita).

No More Posts Available.

No more pages to load.