DPRD Banjarmasin sudah finalisasi tiga Raperda

oleh -88 Dilihat
Teks foto. Ketua Bapamperda DPRD Kota Banjarmasin Darma Sri Handayani.

INIBERITA.id, BANJARMASIN- DPRD Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan sudah finalisasi pembahasan tiga rancangan peraturan daerah (Raperda) untuk disahkan menjadi peraturan daerah (Perda) pada rapat paripurna dewan tahun ini.

Menurut Ketua Badan Pembuat Peraturan Daerah (Bapamperda) DPRD Kota Banjarmasin Darma Sri Handayani di gedung dewan kota, Rabu(13/9/23), tiga Raperda yang sudah finalisasi tersebut, yakni, Raperda tentang fasilitasi pesantren.

Selanjutnya, Raperda tentang pemberdayaan dan perlindungan lanjut usia dan Raperda tentang peningkatan budaya literasi.

“Ketiga Raperda ini sudah diajukan ke Pemprov Kalsel untuk fasilitas disahkan menjadi Perda,” kata Darma.

Menurut dia, ketiga Raperda yang sudah finalisasi ini merupakan program legislasi daerah (Prolegda) tahun 2022.

Sedangkan untuk Prolegda tahun 2023, ungkap Darma yang sebanyak 26 Raperda, diantaranya sebanyak 10 Raperda sudah disampaikan dalam rapat paripurna.

“Ada tujuh Raperda yang sudah proses pembahasan, termasuk Raperda tentang perubahan APBD 2023 dan Raperda tentang APBD murni tahun 2024,” ujarnya.

Dia pun menyampaikan, bahwa DPRD Kota Banjarmasin juga sudah mengirimkan empat draf awal Raperda untuk harmonisasi ke Kementerian Hukum dan HAM.

“Keempat Raperda yang dikirim ke Kemenkumham itu inisiasi DPRD Kota Banjarmasin, setelah disetujui Kemenkumham, baru disampaikan pada rapat paripurna untuk pembentukan Pansus,” ujarnya.

Adapun keempat Raperda tersebut, kata Darma, yakni, Raperda revisi Perda nomor 12 tahun 2016 tentang penyelenggaraan kegiatan usaha dan rekreasi, Raperda tentang pengelolaan kekayaan intelektual, Raperda tentang penyelenggaraan kearsipan.

“Terakhir Raperda revisi Perda nomor 14 tahun 2018 tentang ketenagakerjaan,” demikian kata Darma.(ridho/iniberita).

No More Posts Available.

No more pages to load.