Festival Budaya Kongres Borneo Raya 2022, Pemersatu Etnis Di Pulau Borneo

oleh -75 Dilihat
Foto. Walikota H Ibnu Sina membuka Festival Budaya Kongres Borneo Raya 2022 yang berlokasi di Siring Menara Pandang Banjarmasin

INIBERITA. id, BANJARMASIN- Festival Budaya Kongres Borneo Raya tahun 2022, pegelarannya difokuskan dilokasi Wisata Siring Menara Pandang Banjarmasin, merupakan pemersatu etnis di pulau Borneo.

Festival budaya Kongres Borneo Raya ini, dihadiri Walikota Banjarmasin H Ibnu Sina dan jajaranya, sekaligus melakukan pemukulan gong ini, sebagai tanda festival diresmikan dan merupakan bentuk dukungan pemerintah kota, atas penyelenggaraan festival budaya kongres borneo raya tersebut.

Siti Aminah Finandya S.S, selaku koordinator festival budaya kongres borneo raya mengungkapkan, pegelaran ini melibatkan berbagai macam kegiatan, seperti carnaval musik etnis, atraksi seni dan budaya serta berbagai macam lomba budaya yang di pusatkan, di Wisata Siring Menara Pandang Kota Banjarmasin.

“Terpilihnya Banjarmasin karena masyarakatnya multi suku, sekaligus bertujuan untuk melestarikan budaya yang ada, sekaligus memperkenalkan kepada dunia internasional,” ungkapnya, kepada media. Jumat (3/6/22).

Selanjutnyua, Ketua pelaksana Bujino A Salah K SH MH dalam sambutnya, festival budaya kongers borneo raya ini, salah satu pemersatu dari 25 etnis yang ada di Kota Banjarmasin yang tergabung, dalam forum pembauran kebangsaan.

Kegiatan ini pula, ada beberapa rangkaian nantinya di 5 provinsi di Kalimantan, acara puncaknya akan dilaksanakan di IKN Panajam Paser Utara Kalimantan Timur (Kaltim), pada bulan Agustus 2022 mendatang.

“Harapan besar panitia, bahwa ivent ini ditetapkan sebagai ivent tahunan dan didukung oleh pemerintah daerah, khususnya Pemko Banjarmasin nantinya,” ungkap Bujino. (dys/iniberita)