Haul Ganal Datu Kalampayan Ke 216 Berlangsung Lancar Dihadiri Ribuan Jamaah

oleh -10 Dilihat
Foto. Gubernur Kalsel dan para ulama serta para santri saat gelar Haul Ganal 216 Datu Kalampayan di Mahligai Pancasila Banjarmasin.

INIBERITA. id, BANJARMASIN-
Peringatan haul Akbar ke-216 Maulana Syekh Muhammad Asyad Al Banjari atau Datu Kalampayan, di Mahligai Pancasila Banjarmasin berlangsung lancar dan dihadiri ribuan jamaah, baik dalam kota maupun dari luar kota.

Bahkan, Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor terlihat membaur dengan para ulama yang hadir, nampak khusyuk mengikuti proses rangkaian haul dari awal hingga akhir.

Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor dalam sambutannya mengatakan, di haul Akbar ke- 216 Datu Kalampayan ini, ia merasakan bahagia yang luar biasa, berdampingan dengan para habib dan ulama, sambil mengenang sosok ulama yang memiliki peran besar dalam sejarah perkembangan Islam di Kalsel khususnya.

Paman Birin yang akrab panggilan masyarakat banua mengharapkan, kegiatan seperti ini bisa terus berlanjut, termasuk haul untuk ulama Muhammad Zaini bin Abdul Ghani Al-Banjari atau Guru Sekumpul dan lainnya.

“Paman Birin berharap usulan gelar Pahlawan Nasional kepada Syekh Muhamad Arsyad Al-Banjari dikabulkan Pemerintah Pusat,” katanya.

Diungkapkan Paman Birin, alim ulama yang ada berhadir juga merasa bersyukur atas diselenggarakannya Haul Ganal Datu Kelampayan ke-216.

Baca Juga :   Dampak Ketidak Adanya TPS, Warga Buang Sampah Sembarangan

Sebagai wujud bersyukur, Habib Ali bin Abdullah Al Idrus mengatakan dengan adanya haul ini, Beliau berdoa dan berharap Allah SWT memberikan keselamatan bagi banua Kalimantan Selatan dan mengabulkan segala hajat jamaah yang hadir.

Sementara itu, Guru Wildan Salman mengatakan hikmah dari penyelenggaraan jaul ini adalah menyatukan antara ulama dan umara.

Sedangkan Guru Yanor asal Kalua berharap Haul Datu KH Syekh Muhammad Arsyad Al Banjari atau Datu Kalampayan yang diselenggarakan Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan diharapkan masuk kalender tahunan.(benk/iniberita).