Jelang Idul Adha, Dinas Minta Cek Kesehatan Hewan Kurban

oleh -224 Dilihat
Teks foto. Wakil ketua DPRD Kota Banjarmasin Tugiatno.

INIBERITA.id, BANJARMASIN- Jelang hari Idul Adha 1445 H, Pemerintah Kota (Pemko) Banjarmasin melalui Dinas Peternakan, Pertanian dan Pangan, diminta melakukan pengecekan dan pemeriksaan terhadap kesehatan hewan kurban,  di seluruh milik pedagang di Kota Banjarmasin.

Pengecekan dan pemeriksaan kesehatan hewan kurban tersebut. Menurut Tugiatno hendak melibatkan tim medis, karena aspek kesehatan hewan, baik kondisi fisik hingga penyakit menular, dinilainya sangat penting diketahui.

Bahkan, dapat dipastikan kesehatan hewan kurban yang diperdagangkan itu, benar-benar sehat dan bebas dari penyakut menular tersebut, hal ini tentunya merupakan tanggungjawab Pemko Banjarmasin melalui dinas terkait.

“Pemeriksaan kesehatan itu untuk memastikan bahwa hewan-hewan yang akan dijadikan kurban dalam kondisi sehat dan layak untuk dikonsumsi. Yang paling penting memenuhi kaidah layak hewan kurban,”ungkap Tugit panggilannya, ketika dihubungan media Iniberita.id, Minggu (9/6/2024).

Politisi PDI Perjuangan ini mengatakan, tetugas  melakukan pemantauan dan pemeriksaan i pasar hewan, terhadap di lapak-lapak hewan ternak soal kesehatan hewan kurban, merupakan kewajiban mereka untuk turun ke lokasi.

Baca Juga :   Persiapan Porwanas, Tim Balogo PWI Kalsel Ikuti Lomba Balogo Limapi Cup 2024 di HSS

Hal ini untuk memberikan kepastian, atas kesehatan hewan kurban yang akan dikonsumsi nantinya, sehingga tidak satupun yang mengidap penyakit menular tersebut.

“Kami harapkan masyarakat juga bisa lebih waspada dalam memilih hewan kurban yang benar-benar dalam kondisi sehat,”katanya berharap.(benk/iniberita).

 

 

 

No More Posts Available.

No more pages to load.