Komisi III DPRD Kalsel Tinjau Bedah Rumah di Desa Pandahan

oleh -36 Dilihat
Teks foto. BEDAH RUMAH-Rombongan Komisi III DPRD Provinsi Kalsel saat meninjau rumah warga di Desa Pandahan Kecamatan Bati-Bati Kabupaten Tala yang mendapat bantuan program bedah rumah dari Disperkim Provinsi Kalsel.(foto : humasdprdkalsel)

INIBERITA.id, TANAH LAUT- Jajaran komisi III DPRD Provinsi Kalimantan Selatan  (Kalsel) meninjau, pelaksanaan Program Bantuan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) Tahun 2023, berlokasi di Desa Pandahan, Kecamatan Bati-Bati Kabupaten Tanah Laut (Tala).

Program RTLH tersebut, dilakukan oleh Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (Disperkim) Provinsi Kalsel.

Pantauan ini untuk memastikan apakah program bedah rumah terealisasi, sesuai harapan masyarakat yang menerima bantuan.

Karena itu, rombongan Komisi III DPRD Provinsi Kalsel melakukan peninjauan ke rumah warga yang mendapat bantuan program tersebut di Desa Pandahan, Kecamatan Bati-Bati Kabupaten Tanah Laut (Tala).

Dipimpin Wakil Ketua Komisi III DPRD Provinsi Kalsel HM Rosehan NB SH, disela peninjauan itu disampaikan, pihaknya apresiasi kepada Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor dan Disperkim Kalsel yang sudah merealisasikan keinginan dan harapan masyarakat melalui program bedah rumah.

Dikesempatan itu, Rosehan juga berharap ke depan Pemerintah Provinsi Kalsel dapat merealisasikan pengerukan sungai-sungai di kawasan Desa Pandahan, Kecamatan Bati-Bati, mengingat daerah ini tahun lalu terkena bencana banjir yang luar biasa.

“Ada keinginan warga disini kalau bisa sungai itu dikeruk. Jadi ambang batas ketinggian air sungai bisa turun, sehingga saat ada banjir dadakan atau banjir akibat hujan, mereka tidak terkena dampak yang luar biasa,” ungkapnya, Senin (12/2/2024).

Senada Sekretaris Komisi III DPRD Provinsi Kalsel H Gusti Abidinsyah menambahkan, pihaknya berharap pagu anggaran dari Program RTLH senilai Rp20 juta per unit dinaikkan menjadi Rp30 juta per unit, sehingga penanganan masalah sanitasi menjadi bagian dari program ini. Termasuk adanya penambahan jumlah unit yang mendapatkan program ini.

“Mudah-mudahan dana ini bisa dinaikkan dari Rp20 juta menjadi Rp30 juta. Jadi sekaligus sanitasinya. Termasuk jumlah unitnya kalau bisa juga diperbanyak,”tambahnya berharap.

Sementara itu, Halimatus Sa’diyah salah satu warga Desa Pandahan yang mendapatkan Program Bantuan RTLH, dengan ekspresi gembira menyampaikan terima kasih kepada Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor, Ketua DPRD Provinsi Kalsel dan anggota DPRD Provinsi Kalsel khususnya Komisi III DPRD Provinsi Kalsel, atas bantuan perbaikan rumah yang diberikan oleh Pemerintah Provinsi Kalsel melalui Disperkim Kalsel.

“Himung banar ulun, bahagia banar kada kebanjiran lagi ulun, dulu sakit hati bila hujan turun, hari ini tenang kawa guring sudah (senang sekali saya, bahagia sekali tidak kebanjiran lagi saya. Dulu sedih bila hujan turun, sekarang hati tenang bisa tidur),” ujar ibu rumah tangga ini dengan penuh ceria.(sop/iniberita)

No More Posts Available.

No more pages to load.