Komunitas Pecinta Pusaka Banua Gelar Silaturahmi di Balangan

oleh -1156 Dilihat
Teks foto. Komunitas pecinta pusaka saat mengadakan silaturahmi di Desa Riwa, Kecamatan Batumandi, Kabupaten Balangan.

INIBERITA.id, BALANGAN- Para komunitas pecinta pusaka Banua menggelar silaturahmi, dengan pecinta pusaka yang ada di Kabupaten Balangan, diikuti sebanyak tiga komunitas pecinta pusaka.

“Kegiatan kita kali ini diikuti  sebanyak tiga komunitas yaitu Komunitas Persaudaraan dan Persahabatan, Komunitas Pemakai Tameng Rinjani dan Komunitas Pelestari Pusaka Borneo,”ungkap  salah satu Panitia Pelaksana kegiatan Abdul Kelana di Kabupaten Balangan, Senin (4/3/2024).

Abdul menjelaskan, tujuan dari kegiatan ini tidak lain untuk mempererat tali silaturahmi sesama pecinta pusaka di Banua, serta mengenalkan dan memberi edukasi kepada masyarakat sekitar.

Ditambahkannya, kegiatan ini juga diisi, dengan tatap muka sesama pecinta benda pusaka, serta saling bertukar pikiran antar sesama anggota komunitas, terkait pengetahuan tentang benda pusaka.

Dengan seringnya mengadakan kegiatan silaturahmi ini, maka secara tidak langsung warga mengetahui makna dari benda pusaka ini.

Panitia pelaksana lainnya Icun Putra menambahkan, mengenai pusaka ini, mayoritas warga tahunya senjata tradisional bukan hanya digunakan untuk berperang, padahal masyarakat juga harus tahu dan memahami simbol-simbol yang tersimpan dalam pusaka ini.

“Sebagai contoh yaitu Mandau yang menjadi khas tradisional Kalimantan Selatan, kalau masyarakat sudah paham dari makna Mandau berarti dia sudah mengenal budayanya,” ujarnya.(iwn/iniberita).

No More Posts Available.

No more pages to load.