Langit di Kalsel Mulai Terang

oleh -230 Dilihat
Teks foto. Alhamdulillah langit di Kalsel mulai terang dan cerah.

INIBERITA.id, BANJARBARU- Beberapa minggu terakhir langit di Kalsel sempat muram, akibat dampak kabut asap, sekarang langit mulai terpantau terang, pada Sabtu 7 Oktober 2023.

Beberapa masyarakat pengendara terutama mereka yang melintasi, di Jalan A Yani Kota Banjarbaru dan Martapura mengungkapkan syukur Alhamdulillah.

“Alhamdulillah langit di Kalsel terutama di Jalan A Yani Kota Banjarbaru dan sekitarnya saat ini kembali terang,” ungkap Mansyur, salah seorang pengendara di Jl A Yani Km 29 Kota Banjarbaru, Sabtu (6/10/2023 ) Pukul 10.15 Wita.

Mansyur juga berdoa meski udara akibat pengaruh cuaca ektrem secara global masih terasa, namun kabut asap di Kalsel bisa reda dan tidak ada lagi.

Dan berdasarkan hasil Briefing P
pagi Satgas Udara Kalsel, pada tanggal Sabtu 7 Oktober 2023 dilaporkan, bahwa cuaca di Kalsel cukup cerah meski sebagian berawan.

Satgas udara juga melaporkan hingga pukul 10.00 Wita, tidak ada penundaan jam terbang pesawat dari Bandara Internasional Syamsudin Noor Banjarmasin.

“Hasil rapat briefing satgas udara pagi tadi, udara di kawasan Banjarbaru dan sekitarnya dalam kondisi cukup bersih. Dan jam.terbang pesawat berjalan Normal,” ujar Pormadi anggota satgas Udara Kalsel.

Baca Juga :   Festival Gerbang Nusantara Dibuka dengan Permainan Tradisional Balogo di Banjarbaru

Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kalsel mengatakan, pelaksanaan TMC bantuan BNPB, tindak lanjut dari usulan Gubernur Kalsell H Sahbirin Noor selama beberapa hari terakhir cukup berhasil.

Ini ditandai dengan turunnya hujan di sebagian wilayah Kalsel, tetutama di Hulu Sungai seperti Tabalong Hulu Sungai Selatan dan sekiaarnya

Sebagian Kota Banjarbaru meski insentitas ringan dan sedang, ini bagian dari upaya ikhtiar serta kekuasaan Allah.

Kepala BPBD Kota Banjarbaru Zaini Syahranie Effendi mengatakan, berdasatkan evaluasi pihaknya kabut asap di wilayahnya terutama di area Bandara Syamsudin Noor sudah.

Mulai berkurang, hal ini seiring dengan kerja gotong royong semua komponen tanpa kenal lelah, melakukan pembasahan lahan dan pemadaman di lahan gambut.

Kondisi mulai berkurang titik panas juga diutarakan Warsita Kalaksa BPBD Kabupaten Banjar.

“Hal ini berkat kerja keras semua pihak, kondisi karhutla di Kabupaten Banjar.mulai bisa teratasi,”katanya.

Dari Tanah Laut dilaporkan hal yang sama. Menurut Sahruddin Kalaksa Tanah Laut, meski mulai berkurang pihaknya tetap siaga.

Kepala BPBD Kalsel R Suria Fadliansyah menegaskan, bersama segenap pihak kerja keras untuk memadamkan api, dengan berbagai cara tetap terus dilanjutkan.

Baca Juga :   Festival Gerbang Nusantara Dibuka dengan Permainan Tradisional Balogo di Banjarbaru

Gubetnur Kalsel H Sahbirin Noor menginstruksikan, seluruh SKPD dijajarannya bersana pemerintah kabupaten kota terus memantapkan kolabarasi yang telah terbangun harmoni.

Dan semua SKPD di lingkungan Pemprov Kalsel, harus terus bantu masyarakat yang terdampak akibat kabut asap atau kekeringan sesuai kemampuan dan tata aturan.

“Kita terus bagikan air besih, masker dan tetap upayakan pencegahan dalam upaya mengurangi risiko bencana,” tegasnya.(ril/iniberita).

No More Posts Available.

No more pages to load.