MTQ ke XXIX Digelar Ditiga Daerah

oleh -38 Dilihat
Foto. Sekda Pemprov Roy Rizali Anwar, Kadis Kominfo Kalsel M Muslim, Ketua PWI Kalsel Zainal Helmie, Sekretaris PWI Kalsel Toto F.

INIBERITA.id, MARTAPURA- Pembukaan Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) ke XXIX tingkat nasional di Kalimantan Selatan (Kalsel), dipusatkan di Desa Kiram Kabupaten Banjar tepatnya di Kiram Park dan rencananya diresmikan oleh Presiden Joko Widodo tersebut, digelar ditiga daerah.

Untuk Kabupaten Banjar adalah, Desa Kiram, Masjid Agung Al-Karomah Martapura, Masjid Bambu KH Abdul Qadir Hasan, Institut Agama Islam Martapura dan Madrasah Tahfiz Darussalam Martapura.

Kemudian, daerah Kota Banjarbaru yakni, Masjid Nurul Iman, perkantoran Pemprov Kalsel, Asrama Embarkasi Haji dan Auditorium Universitas Lambung Mangkurat (ULM) Banjarbaru.

Selanjutanya, di Kota Banjarmasin, Aula Serba Guna Masjid Raya Sabilal Muhtadin, Masjid Jami Auditorium Universitas Lambung Mangkurat (ULM) Banjarmasin.

Sekretaris Daerah (Sekda) Pemerintah Provinsi Kalsel Roy Rizali Anwar mengatakan, MTQ di Kalsel kali ini, akan berbeda dengan daerah lainnya, dimana pada panggung utama menggunakan konsep Digital LED Screen, dengan panjang 38×10 meter, konsep ini menjadi konsep pertama pada MTQ di Indonesia.

Secara keseluruhan persiapan panggung utama sudah 80 persen, targetnya pada tanggal 9 sudah selesai, tanggal 10-11 finishing, venue-venue lomba juga sudah on progress.

Baca Juga :   Tim Catur PWI Kalsel Merebut Medali Emas Porwanas XIII Malang 2022

‚ÄúTarget untuk venue lomba H-3 juga harus sudah selesai dan kita lengkapi dengan fasilitas venue untuk UMKM sebanyak 40 buah,” katanya saat meninjau venue utama, Jumat (7/10/2022).

Selanjutnya ujar Roy, dalam pelaksanaan MTQ nantinya, panitia sudah mengundang 3.042 tamu, baik lokal, nasional bahkan internasional, hingga sekarang terkonfirmasi hadir ada tiga negara, diantaranya Arab Saudi dan Mesir. (benk/iniberita)

Terpisah, Karo Ops Polda Kalsel Kombes Pol Nurhandono, melalui Kabid Humas Polda Kalsel Kombes Pol Mochamad Rifa’i mengungkapkan, dalam kegiatan MTQ yang akan dihadiri Presiden dan Wakil Presiden tersebut, pihaknya Polda Kalsel menyiapkan sebanyak 7.000 personel gabungan.

Dalam rangka untuk pengamanan selama kegiatan berlangsung, terutama pengamanan saat Presiden RI ke Kalsel nanti, hal ini merupakan tugasnya bersama TNI nanti.

“MTQ yang akan dibuka oleh RI-1 dan RI-2 pada tanggal 12 sampai 13 oktober, serta pada tanggal 19 sampai 20 oktober penutupan melibatkan 7.000 personel,”ungkapnya.(benk/iniberita)

No More Posts Available.

No more pages to load.