Paman Birin Turdes di HSU, Warga Terimakasih Jalan Mulus Tanpa Hambatan

oleh -1796 Dilihat
Foto Istimewa

INIBERITA.id, AMUNTAI- Turun ke Desa (turdes) hari ke-5, Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin atau Paman Birin didampingi Ketua TP PKK Provinsi Kalsel Hj Raudatul Jannah atau Acil Odah menyapa warga Alabio saat acara Turun ke Desa (Turdes) Menembus Batas ke-10 bersama jajaran Forkopimda dan pimpinan SKPD di Puskesmas Alabio, Kecamatan Sungai Pandan pada Jum’at (5/7/2024).

Sejak pagi, sejumlah relawan dari Komunikasi Relawan Tatanan Ramah Bakti Kemanusiaan (Komwantara) Kabupaten HSU bersama anggota Dishub HSU dan anggota Polsek Alabio tengah mengatur jalan lalu lintas pengendara dan kedatangan para warga setempat.

Para anggota pramuka berjejer di halaman depan Puskesmas Alabio bersama Penjabat (Pj) Bupati Hulu Sungai Utara (HSU) Zakly Asswan menunggu kedatangan orang nomor 1 di Kalsel.

Setibanya di lokasi acara, tepukan gendang beserta lantunan sholawat menyambut kedatangan rombongan tim turdes Gubernur Paman Birin dan Acil Odah dengan kesenian sinoman hadrah.

Paman Birin dan Acil Odah langsung melakukan penanaman pohon dan meninjau pelayanan kesehatan di Puskesmas Alabio. Dan selepas jajanan warga diborong oleh Paman Birin, warga Alabio sontak bergemuruh dengan soraknya menyerbu jualan wadai khas lokal tersebut.

Pejabat (Pj) Bupati HSU, Zakly Asswan menyampaikan bahwa rakyat Kabupaten HSU yang khususnya di daerah Amuntai dan Alabio ingin sekali bertemu dengan istri orang nomor 1 di Kalsel, Acil Odah.

Baca Juga :   Jelang Porwanas 2024, Tim Balogo PWI Kalsel Terus Tingkatkan Latihan

Karena, menurutnya Acil Odah isteri Paman Birin merupakan warga asli di Kota Bertaqwa ini.

“Asli urang Amuntai, Acil Odah kelahirannya. Selamat datang rombongan turdes ke-10 akhirnya tiba di Kota Alabio,” ucap Zakly.

Dalam kesempatan itu, Pj Bupati Zakly juga mengucapkan tanda terimakasih atas perhatian Gubernur Paman Birin beserta jajaran Pemprov Kalsel yang telah memperbaiki jalan di Kabupaten HSU. Sehingga, jalan menjadi mulus tanpa hambatan bagi warga setempat.

Kemudian, Pj Bupati Zakly menjelaskan bahwa pihaknya juga memiliki slogan untuk kabupatennya, yang merupakan singkatan dari HSU (Harus Semangat Usaha). Hal itu tak jauh dari makna istilah Bergerak tersebut.

“Jalan kita kembali mulus, perbaikan infrastruktur jalan terus dilakukan oleh Paman Birin,” ungkap Pj Bupati Zakly.

Gubernur Kalsel Paman Birin menyampaikan dalam sambutannya, tim rombongan turun ke desa (turdes) menembus batas ke-10 ini merupakan langkah untuk dekat dengan warga Banua. Artinya, sang Gubernur beserta rombongan Forkopimda Kalsel dan jajaran SKPD Provinsi Kalsel telah menyambangi sejumlah desa selama itu.

“Turdes itu singkatan dari Turun ke Desa. Menembus batas ke-10, artinya sudah sepuluh kali bersama rombongan melakukan kunjungan atau kujuk-kujuk, kuliling ke Banua di 13 Kabupaten/Kota. Tidak mengenal panas, hujan serta siang dan malam,” jelas Paman Birin ke warga Alabio.

Baca Juga :   Lensa Kegiatan DPRD Banjarmasin Edisi Bulan Juli 2024

Paman Birin menceritakan, rombongan Alam Roh akhirnya tiba di Kota Alabio karena perjalanan yang cukup panjang. Pada hari itu, Paman Birin bersama rombongan menembus malam hari dari Desa Teluk Aru, wilayah terpencil di Kotabaru yang cuaca hujannya begitu deras mengguyur perjalanan turdes.

Namun, Paman Birin bersyukur bahwa kondisi rombongan tim turdes dapat menjalankan tugasnya hingga hari ini tiba di Kota Alabio. Sebab, menurutnya hal ini demi menyongsong generasi emas di tahun 2045.

“Itu 1 abad Indonesia. Jika dihitung maka 21 tahun lagi kita menyongsong anak-anak bangsa menjadi pemimpin ke depan, dan itu cita-cita serta harapan kita,” tegas Paman Birin di podium.

Lantas, Paman Birin disela itu memanggil sejumlah anak yang maju, mulai dari anak PAUD, SD, SMP hingga 12 santri Pondok Pasantren Al-Karamah Amuntai naik ke atas panggung. Mereka ditanyai oleh Gubernur Paman Birin soal berapa jumlah ikan yang diketahui, kemudian menyebutkan Pancasila hingga membacakan Surah Al Fatihah.

Masing-masing yang maju ke panggung, warga menerima hadiah uang senilai 200 Ribu, 400 Ribu hingga 2 Juta, sesuai dari ukuran pertanyaannya. Mulai dari bapak dan ibu-ibu, kawula muda hingga anak kecil.

Baca Juga :   Sejak SD Irma Dahliana Cintai Atletik, Ahdalena Dari Atlet Futsal Menjadi Pelari

Nada Kamilah (17), seorang siswi SMAN 1 Amuntai mengucapkan terima kasih atas pemberian hadiah oleh Gubernur Paman Birin. Uang itu akan digunakannya untuk keperluan sekolah, kebetulan dirinya tengah menyiapkan kelulusan untuk melanjutkan ke jenjang Perguruan Tinggi.

“Ada 4 pertanyaan, Alhamdulillah tim kami bisa menjawab dan sangat berterima kasih ke Paman Birin, mudahan beliau sehat selalu. Dan uang ini rencana disimpan dulu,” ungkap Nada, perempuan berkerudung putih itu.

Nada menjelaskan, alasannya menabung karena ingin melanjutkan dari kelulusan sekolahnya ke dunia kampus. Ia mengaku, kini sudah menjelang akhir sekolahnya di kelas 12 SMAN 1 Amuntai.

“Ulun doakan Paman Birin dan Acil Odah, sukses dan disehatkan selalu. Rezeki beliau mengalir terus,” tutupnya.

Kegiatan turut dihadiri oleh sejumlah pembakal yang tergabung dalam Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (APDESI) Kabupaten HSU. Selain itu juga kedatangan Ketua DPRD Provinsi Kalsel Supian HK, Ketua MUI Kabupaten HSU, KH. M. Said Masrawan dan tokoh ulama di Amuntai.(adpim/iniberita).

No More Posts Available.

No more pages to load.