Pasar Wadai Ramadhan 1445 H, Paman Birin Sediakan Stand Gratis Bagi Pedagang dan UMKM

oleh -162 Dilihat
Teks foto. Pasar Wadai Ramadhan secara gratis disediakan Paman Birin(istimewa).

INIBERITA.id,BANJARMASIN- Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor atau Paman Birin menyiapkan stand Pasar Wadai Ramadhan 1445 Hijriah di Halaman Gedung Sultan Suriansyah, berlokasi di Jalan H Hasan Basri atau Kayu Tangi, secara gratis untuk pedagang dan UMKM

Stand Pasar Wadai yang disiapkan tersebut akan resmi dibuka mulai Selasa, 12 Maret sampai 5 April 2024.

Stand yang terbuat dari kayu dan beratap daun rumbia pun sejak beberapa hari terakhir ini terus dikerjakan.

Selain stand, tampak gapura Pasar Wadai telah hampir rampung dikerjakan. Diperkirakan sekitar 100 stand akan disiapkan untuk warga pelaku UMKM serta para wirausaha lainnya.

Dikatakan Gubernur Paman Birin, stand Pasar Wadai Ramadhan 1445 H ini akan ditunjukan kepada warga masyarakat pelaku Usaha Menengah Kecil dan Mikro (UMKM) secara gratis.

“Insya Allah, Pasar Wadai Ramadhan nanti akan menggerakkan perekonomian warga Banua dan para pelaku UMKM, khususnya di Banjarmasin,” kata Paman Birin.

Lebih lanjut ungkap Paman Birin, Pasar Wadai Ramadhan selain telah menjadi tradisi diadakan setiap bulan puasa, juga menjadi obat rindu warga Banua yang merantau ketika pulang ke Banua untuk menikmati aneka makanan khas Banjar.

Baca Juga :   32 Provinsi Nyatakan Siap Ikuti Porwanas XIV Kalsel

Sementara itu, Suharyanti Kepala UPTD Taman Budaya Dinas Pendidikan dan Kebudayaan menjelaskan, sebagai pelaksana Pasar Wadai Ramadhan 1445 Hijriah, sesuai rencana akan dibuka Gubernur Paman Birin, pada Selasa (12/3/2024) sore dan diramaikan kesenian Sinoman Hadrah.

“Insya Allah, akan dibuka oleh Bapak Gubernur Paman Birin dan akan dilakukan peninjauan stand-stand Pasar Wadai Ramadhan,” ungkap Suharyanti.

Lebih lanjut Suharyanti menambahkan, sesuai arahan Gubernur Paman Birin, Pasar Wadai Ramadhan ini bertujuan menggerakkan ekonomi masyarakat, khususnya UMKM yang membuat makanan dan minuman serta bahan olahan lain untuk keperluan dan kebutuhan masyarakat selama bulan puasa tahun ini.

Paman Birin berharap, adanya Pasar Wadai Ramadhan ini, pedagang atau UMKM di Kalsel bisa meningkatkan pendapatan mereka dan produk mereka lebih dikenal nantinya.

“Pasar Wadai ini juga nantinya akan diramaikan dengan berbagai hiburan musik religi dan lain-lain,”tambahnya.

Selain masyarakat umum dan UMKM ujarnya lagi, sejumlah SKPD lingkup Pemprov Kalsel nantinya turut mengisi stand yang tersedia.

Penyediaan tempat berjualan selama ramadhan juga dilakukan Pemprov di tahun- tahun sebelumnya.

Baca Juga :   Uji Tanding di Tangerang, Tim Futsal PWI Kalsel Raih Hasil Positif

Pada Ramadhan 1444 hijriah tahun lalu, Pasar Wadai disediakan di kawasan Siring Nol Kilometer Jalan Sudirman atau depan Kantor Gubernur Kalsel di Banjarmasin.

Selain jajanan kuliner kue khas Banjar, dalam Pasar Wadai ini juga menjual kebutuhan pokok lainnya seperti ikan dan sayur-sayuran. (adpim/iniberita).

No More Posts Available.

No more pages to load.