Haul Haji Leman, Paman Birin Kenang Tokoh Penting Pembangunan Kalsel

oleh -207 Dilihat
Teks foto. Haul ke-9 Ayahanda H Abdussamad Sulaiman Bin Haji Basirun atau yang dikenal masyarakat, dengan H Leman di Komplek Kubah Datu Abdussamad Jalan Veteran, Marabahan, Barito Kuala(Istimewa).

INIBERITA.id, BATOLA- Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor atau Paman Birin melalui Asisten Perekonomian dan Pembangunan H Muhammad Amin MT menghadiri, Haul ke-9 Ayahanda H Abdussamad Sulaiman Bin Haji Basirun atau yang dikenal masyarakat, dengan H Leman di Komplek Kubah Datu Abdussamad Jalan Veteran, Marabahan, Barito Kuala, Sabtu (9/3/2024) pagi.

Sejak pagi, ribuan jamaah memadati kawasan komplek Kubah Datu Abduussamad meski langit sedikit berawan, terlihat antrian jamaah sampai jalan veteran depan kubah hingga jalan tersebut ditutup untuk sementara.

Gubernur Paman Birin mengenang sosok H Leman semasa hidupnya bahwa beliau adalah salah satu tokoh penting dan begitu berjasa terhadap pembangunan di Kalimantan Selatan.

“Dari sosok beliau kita banyak belajar tentang perjuangan, menjadi pemimpin, dan menjadi orang yang bermanfaat kepada masyarakat,”ujarnya.

Tidak hanya itu, bagi Paman Birin, H Leman merupakan sosok yang komplit, mulai dari pengusaha, politisi, hingga perhatiannya dalam dunia pendidikan di Kalimantan Selatan, patut menjadi contoh bagi setiap generasi Banua.

“Hari ini kita memperingati haul beliau yang ke-9. Itu artinya, 9 tahun lalu kita kehilangan putra terbaik Banua. Mudah-mudahan, segala perjuangan beliau mendapat pahala dan menjadi ladang ibadah, dan kita doakan mudahan beliau senantiasa di Surga-Nya,”ungkapnya.

Baca Juga :   Hasil Audit 2023, Laba dan Kinerja PAM Bandarmasih Mengalami Peningkatan

Dalam acara haul tersebut, tampak hadir Keluarga Besar Hasnur, Syekh Abdul Qadir Aasegaf dari Solo, Habib Muhammad Quraisy Baharun dari Ceribon, Habib Abdullah Rifky Alaydrus dari Jawa Barat, Habib Ali Zainal Abidin dari Jakarta, KH Ahmad Sanusi Iberahim (Guru Jaro), KH. Asqalani (Guru Iwad), Habib Fahmi Al-Muhdor asal Lumajang, Habib Haidar Al-Hamid, Penjabat Bupati Batola Mujiyat dan sejumlah ulama lainnya.

Sebelum memasuki acara inti haul, terlebih dahulu dilakukan pembacaan Syair Maulid dari Grup Maulid Habsyi Ahbabul Habsyi yang datang dari Bangil Pasuruan, dilanjutkan pembacaan kalam Ilahi, lalu dilanjutkan dengan sambutan.

Mewakili pihak keluarga H Leman, Hasnuryadi Sulaiman CEO Barito Putra yang merupakan putra H Leman menceritakan sepak terjang H Leman semasa hidupnya. Ia juga mengucapkan terima kasih, kepada seluruh jamaah yang hadir pada pelaksanaan haul yang ke-9 tersebut.

“Kami keluarga besar almarhum ayahanda Haji Abdussamad Sulaiman HB dan ibunda Hj. Nurhayati, memohon doa agar ayahanda dan ibunda kami tercinta mendapat tempat yang mulia di sisi Allah, di surga-Nya,” katanya.

Baca Juga :   Ibnu Sina Tersingkir Dari Pencalonan Pilgub 2024

Ia bercerita bahwa Haji Leman dilahirkan di Banjarmasin pada 21 April 1948 yang merupakan anak laki-laki satu-satunya di keluarganya. Lalu kemudian pada umur 18 tahun menikah dengan Almarhumah Hj. Nurhayati dan mendirikan sebuah perusahaan bernama Hasnur Group.

“Nama perusahaan Hasnur merupakan nama singkatan dari kedua pasangan tersebut yaitu Has dari H Abdussamad Sulaiman dan Nur dari Hj. Nurhayati,” tambahnya lagi.

Hasnuryadi juga memohon doa kepada masyarakat, agar keluarganya bisa terus melanjutkan kebaikan yang selama ini, sudah diajarkan dan diamanahkan oleh kedua orang tuanya.

Seusai sambutan, acara dilanjutkan dengan pembacaan Surah Yasin dan doa bersama, lalu dilanjutkan dengan tausiah dari Habib Muhammad Quraisy Baharun dan KH. Ahmad Sanusi Iberahim, selanjutnya di tutup dengan pembacaan doa. (adpim/iniberita).

No More Posts Available.

No more pages to load.