Pawai Kirap Api Obor Awali Porprov XI 2022 HSS

oleh -20 Dilihat
Foto. Kadisporpar Pemkab HSS Drs Erfan MAP, saat memberikan keterangan kepada media.

INIBERITA.id, BANJARMASIN – Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) menggelar, ekspos rencana teknis kirab api obor Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) XI tahun 2022.

Mengambil tempat di Aula Kantor Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Kalimantan Selatan, di Banjarmasin, Selasa (25/10/2022), kegiatan ini difasilitasi oleh Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kalsel, diwakili oleh Kabid Peningkatan Olahraga Prestasi, Fitri Hernadi dan dihadiri seluruh perwakilan Dinas Pemuda dan Olahraga, yang ada di Provinsi Kalimantan Selatan.

Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Hulu Sungai Selatan Efran mengatakan, rencana rute kirab api obor Porprov XI tersebut akan melintasi 13 Kabupaten dan kota yang ada di Provinsi Kalimantan Selatan, dimulai pada tanggal 1 November 2022.

“Kita sudah sepakati bahwa Api abadi untuk obor diambil dari Kabupaten Tabalong, dibawa dan diserahterimakan di Kabupaten Balangan. Kemudian ke Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU), lalu ke Hulu Sungai Tengah, lalu ke Kabupaten Tapin. Dari Tapin, akan kita bawa ke Kabupaten Batola dengan mengambil rute jalur Margasari. Dari Marabahan Batola, kemudian berakhir di Banjarmasin. Itu untuk hari pertama, tanggal 1 November, rute berakhir di Banjarmasin,” kata Efran.

Baca Juga :   Internasional Uncle Hard Enduro 2022 Resmi Digelar

Efran menambahkan, pada hari kedua kirab akan dimulai di kota Banjarbaru. Dari Banjarbaru ke Martapura Kabupaten Banjar, lalu ke Pleihari Kabupaten Tanah Laut. Dari Pleihari, kirab api obor Porprov XI akan menyisir hingga ke Kabupaten Kotabaru.

“Jadi untuk Kabupaten Tanah Bumbu kita lewati dulu di hari kedua itu. Setelah dari Kotabaru, baru kita mampir ke Kabupaten Tanah Bumbu,” tambahnya.

Untuk hari ketiga atau hari terakhir ujarnya, rute kirab dimulai dari Batulicin, Kabupaten Tanah Bumbu menuju Kabupaten HSS dengan mengambil rute Mantewe atau jalur Loksado.

“Karena waktunya singkat, hanya tiga hari saja, jadi kita menggunakan kendaraan roda empat,”ujarnya.

Lebih lanjut, Efran mengungkapnya, kirab api obor Porprov XI ini, merupakan penggambaran ikatan semangat dan sportivitas olahraga antar kabupaten-kabupaten yang ada di Kalimantan Selatan. Oleh sebab itu, kita wajib melintasi seluruh kabupaten kota yang ada di Kalsel.

“Pelaksanaan kirab ini merupakan momentum publikasi kepada masyarakat, bahwa se.ua kabupaten siap berpartisipasi. Intinya semacam pemberitahuan,”ungkapnya.

Baca Juga :   Amin Terpilih Wakili Balangan Jadi Nanang Berbakat Kalsel

Disinggung mengenai kesiapan pelaksanaan Efran menegaskan, saat seluruh venue sudah siap, semua fasilitas venue sudah siap. nanti pembukaan pada tanggal 5 November, malam Minggu. Insha Allah ada artis ibukota yang datang, tapi saat ini masih belum bisa publikasikan.

Kabid Peningkatan Olahraga Prestasi Dispora Kalsel Fitri Hernadi menjelaskan, pihaknya sangat mendukung pelaksanaan kirab api obor Porprov XI, yang diselenggarakan melewati 13 kabupaten kota se Kalsel.

“Artinya kegiatan ini menjadi salah satu upaya dari kabupaten HSS dan Dispora Kalsel untuk menyemarakkan kegiatan Porprov ke XI yang digelar di kabupaten HSS. Mudah-mudahan masyarakat bisa turut berpartisipasi meramaikan dan menggiatkan olahraga,”jelasnya.

Fitri juga berpesan ujarnya, kepada penyelenggara kirab agar tetap mengutamakan keamanan dan keselamatan pada saat pelaksanaan.

“Harapan kita, tetap utamakan keselamatan. Makanya Panpel tidak mengakomodir banyak orang. Apalagi kita masih dalam suasana yang belum normal benar (pasca pandemi),”ujarnya.(yan/iniberita)

No More Posts Available.

No more pages to load.