Pembangunan Utara Harus Bersinergi Dengan Program Baiman Dua

oleh -44 Dilihat
Wakil Walikota Banjarmasin H Arifin Noor ada tiga pokok pembangunan utara bersinergi dengan program Baiman dua.

INIBERITA. Id, BANJARMASIN- Program pengembangan pembangunan di wilayah Kecamatan Banjarmasin Utara, ada tiga pokok pembangunan yang harus bersinergi, dengan program pokok Baiman dua.

Diantaranya adalah, program pembangunan manusia, peningkatan ekonomi dan pembangunan fisik serta lingkungan.

Seperti penanganan sampah, saluran drainase hingga penataan sungai, menjadi perhatian Pemerintah Kota (Pemko) Banjarmasin, demi kemajuan pembangunan di Kota Banjarmasin

Hal ini diungkapkan, Wakil Walikota Banjarmasin Arifin Noor, kepada warga saat berada di kecamatan Banjarmasin Utara. Rabu (16/3/22).

Menurut orang nomor dua di lingkungan Pemko Banjarmasin ini, seperti pembangunan Tempat Penampungan Sementara (TPS), diwilayah utara ini masih bermasalah, bahkan menjadi persoalan utama, dalam penanganan kuota sampah, di kawasan Kecamatan Banjarmasin Utara tersebut.
Seharusnya jumlah TPS seimbang, dengan jumlah penduduknya dan kapasitas penampungan, sehingga sampah yang dibuang tidak meluber, hal ini harus ada terobosan untuk mengurangi kapasitas sampah yang terbuang.

“Idealnya disetiap kelurahan memiliki TPS, namun karena keterbatasan lahan maka tidak semua ada TPS, solusinya bagaimana sampah itu dijadikan nilai ekonomis,”ujarnya.

Dengan kondisi demikian kata H Arifin, harus ada peran serta dan kesadaran masyarakat, agar persoalan sampah dapat terbangun dan lingkungan menjadi bersih atau bebas sampah.

Disisi lain adalah harus membangun TPS baru, di masing-masing kawasan pemukimaan di Banjarmasin Utara, namun hingga sekarang belum lahan untuk TPS itu.

Disamping itu, masyarakat bertempat tinggal di bantaran sungai, hendaknya tidak membuang sampahnya ke sungai, agar keberadaan air sungai tetap terjaga.

“Inilah yang terus kami awasi untuk stekholder agar kebersihan lingkungan maupun sungai bisa tetap terus dijaga,” katanya.

Selanjutnya,, aspek kedua yakni tentang pengelolaan aset, agar PAD bisa ditingkatkan kembali. Dan aspek ketiga yakni perbaikan dan pemeliharaan pada infrastruktur, baik jalan maupun jembatan.

“Sama – sama memiliki rasa kepedulian tinggi, baik itu terhadap pasilitas umum dan lingkungan sehingga tidak ada yang rusak ataupun kotor karena sampah, “ujarnya.

Plt Camat Banjarmasin Utara Rahmawati mengatakan, pihaknya akan terus berupaya mendukung program yang menjadi prioritas, terutama dalam penanganan sampah di kota seribu sungai.

Ia akan menggalakan sembilan lurah yang ada, di Kecamatan Banjarmasin Utara untuk terus bergotong royong melakukan kebersihan, baik pada lingkungan, drainase dan aliran sungai.

“Saya berjanji akan mengupayakan tiga program pokok pembangunan utara menjadi berskala prioritas kerjanya,”katanya. (gus/iniberita.id)