Pemkab Balangan Cegah Penyakit PMK Dengan Biosecurity

oleh -151 Dilihat
Foto. Petugas Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3) Kabupaten Balangan, saat melakukan pemeriksaan kepada hewan-hewan ternak.

INIBERITA.id, BALANGAN- Pemerintah Kabupaten Balangan melalui Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian, dan Perikanan (DKP3), melakukan langkah cepat mencegah atas maraknya penyebaran, Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada ternak seperti sapi, kambing dan babi dengan biosecurity.

Kepala DKP3 Balangan Tuhalus di Paringin menjelaskan, bahwa Kabupaten Balangan memang tidak terlalu banyak berimbas penyakit PMK ini namun pemerintah ingin meningkatkan baik biosecuriti maupun daya tahan tubuh kepada hewan-hewan ternak.

“Semoga saja kita tidak terimbas akan penyakit ini, karena berdasarkan hasil pemeriksaan tidak ada gejala klinis terhadap penyakit PMK yang ada di kabupaten kita,” jelas Tuhalus. Selasa (17/5/22).

Dia melanjutkan, pemeriksaan yang difokuskan pada tiga wilayah yang memiliki jumlah ternak cukup banyak, yaitu pada sentra kawasan pembibitan peternakan di Desa Harapan Baru, Kecamatan Paringin Selatan, dengan jumlah hewan ternak sapi yang diperiksa sebanyak 36 ekor, Desa Kalahiang, Kecamatan Paringin, dengan jumlah 12 ekor dan Desa Lajar, Kecamatan Lampihong berjumlah 25 ekor.

Menurutnya, semua hewan yang telah diperiksa dalam keadaan aman dan tidak terinfeksi PMK, selanjutnya akan dilakukan pemeriksaan secara bertahap, ke desa-desa lain di Kabupaten Balangan.

Baca Juga :   Masyarakat Dayak Dukung Syarat Tinggi Badan Calon Taruna TNI Diturunkan

“Guna mempercepat pencegahan dan penanganan penyakit PMK ini. Pihaknya merangkul Polres, TNI, dan DPRD Kabupaten Balangan untuk bekerjasama mensukseskan kegiatan ini,”ujarnya.

Sementara itu, anggota Komisi II DPRD Kabupaten Balangan Nur Fariani yang juga mendampingi, pelaksanaan pemeriksaan PMK pada hewan ternak oleh DKP3 Balangan menyatakan, sangat mendukung kegiatan pencegahan PMK ini dan memohon, dari Pemerintah Kabupaten Balangan bisa terus memperhatikan peternak walaupun tidak terserang penyakit PMK.(wan/iniberita).

No More Posts Available.

No more pages to load.