Pemkab Balangan Lakukan Pendataan UMKM Untuk Tingkatkan Perkembangan

oleh -53 Dilihat
Foto. Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Balangan, saat menggelar rakor pendataan UMKM dari 23-30 Mei 2022.

INIBERITA.id, BALANGAN- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Balangan lakukan pendataan, kepada seluruh pelaku Usaha Menengah Kecil Mikro (UMKM) untuk meningkatkan perkembangan, agar menjadi alat kontrol sejauhmana UMKM Balangan berkembang dan bisa mencapai target pembangunan daerah, di sektor UMKM sendiri.

“Melalui kegiatan pendataan UMKM Kabupaten Balangan tahun 2022 ini, dapat kita peroleh database UMKM yang valid, akurat, up to date, lengkap, akuntabel, dan pada gilirannya akan membantu mewujudkan target pembangunan daerah di sektor UMKM,” kata Kepala Bidang Koperasi dan UKM Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah, Perindustrian dan Perdagangan Balangan Misrinawati di Paringin, Kamis. (26/5/22)

Misrinawati menjelaskan, untuk merealisasikan pendataan tersebut, Dinas Koperasi, UKMPP Balangan, telah menggelar rapat koordinasi, selama empat hari di Aula Inspektorat Balangan beberapa waktu lalu hingga akhir Mei 2022 nanti.

Selain itu lanjutnya, jadwal peserta rakor sendiri sudah terbagi jadi delapan kecamatan, yakni 23 Mei 2022 rakor dengan Kecamatan Paringin dan Paringin Selatan. Kemudian, 24 Mei 2022 rakor dengan Kecamatan Batumandi dan Lampihong. 25 Mei 2022 rakor, dengan Kecamatan Awayan dan Tebing Tinggi dan terakhir 30 Mei 2022 rakor, dengan Kecamatan Juai dan Kecamatan Halong.

Baca Juga :   DPRD Gelar Paripurna Penyampaian Raparda APBD Tahun 2023 Pemkap Balangan

Diketahui, rakor tersebut diikuti oleh 156 orang petugas pendata UMKM, dari aparat desa serta delapan orang coordinator, dari setiap kecamatan yang ada di Kabupaten Balangan.

“Pendataan UMKM ini juga untuk pemetaan potensi, perkembangan dan sebaran UMKM, serta pemutakhiran data UMKM Balangan sebagai bahan acuan pengambilan kebijakan pemberdayaan pengembangan UMKM dan sebagai bahan evaluasi untuk monitoring nantinya,” jelasnya.(wan/iniberita).

No More Posts Available.

No more pages to load.