Pemkab Balangan Lakukan Restorasi Untuk Pertahankan Fungsi Danau Baruh Bahinu

oleh -749 Dilihat
Teks foto. Lokasi wisata Baruh Bahinu di Desa Baruh Bahinu Dalam, Kecamatan Paringin Selatan, Kabupaten Balangan.

INIBERITA.id, BALANGAN-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Balangan melakukan restorasi atau meningkatkan pemanfaatannya, melalui perbaikan dalam mempertahankan fungsi, dari danau Baruh Bahinu yang terletak di Kecamatan Paringin Selatan tersebut.

“Jadi untuk mendukung upaya menjaga lingkungan, salah satunya kami melakukan restorasi terhadap Danau Baruh Bahinu yang menjadi objek wisata di Kabupaten Balangan ini,” kata Kepala Bagian Administrasi Pembangunan Setda Balangan Taufiqurrahman di Balangan, Jumat (7/6/2024).

Taufiq menyebutkan bahwa danau ini merupakan satu-satunya danau alami di Kabupaten Balangan, bahkan juga di wilayah Banua Enam atau kawasan Hulu Sungai di Kalimantan Selatan.

Menurut Taufiq danau ini memiliki peran penting sebagai sumber air bagi banyak keperluan, mulai dari konservasi keanekaragaman hayati dan budidaya perikanan hingga rekreasi.

Oleh karena itu kata Taufiq, objek wisata Danau Baruh Bahinu perlu dilakukan restorasi atau pemulihan karena kondisinya mulai kritis. Sebab terus menerus terjadi penyusutan air dan pendangkalan dan apabila tidak dilakukan langkah penyelamatan, diperkirakan danau ini akan hilang.

Lebih lanjut ujar Taufiq, saat ini Pemkab Balangan telah merestorasi danau yang berlokasi di Desa Baruh Bahinu Dalam, Kecamatan Paringin Selatan tersebut.

Baca Juga :   Hasil Audit 2023, Laba dan Kinerja PAM Bandarmasih Mengalami Peningkatan

Sebagai permulaan tambahnya, Bapperida Balangan telah membuat studi konservasi dan rehabilitasi pada Danau Baruh Bahinu.

Kemudian tahun 2023 lalu Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang telah melakukan tindakan langsung berupa pembersihan eceng gondok dan pengerukan Danau Baruh Bahinu.

“Tahun 2024 ini telah dianggarkan lagi untuk normalisasi, walaupun skalanya kecil setidaknya dapat mempertahankan usia guna danau bahkan dapat menjadi lebih panjang, ujar Taufiq.

Terakhir Taufiq berharap upaya restorasi dapat mengembalikan kapasitas dan fungsi danau, karena mengingat banyaknya potensi manfaat danau ini serta bisa menyediakan air baku untuk PDAM. Juga bisa mengairi lahan pertanian setempat bahkan untuk pariwisata.(iwn/iniberita).

No More Posts Available.

No more pages to load.