Pemkab Balangan Pastikan Stok Pangan Tercukupi Selama Ramadhan

oleh -1417 Dilihat
Sejumlah warga saat berbelanja di pasar murah di Desa Kupang, Kecamatan Lampihong, Kabupaten Balangan beberapa waktu lalu.

INIBERTA.id, BALANGAN- Pemerintah Kabupaten Balangan melalui Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3), memastikan stok pangan tercukupi, selama Ramadhan hingga menjelang Idul Fitri 1445 Hijriah.

“Dapat kami pastikan untuk stok pangan kita tercukupi selama bulan Ramadhan hingga Idulfitri nanti,” kata Plt Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kabupaten Balangan Mukhlis, Senin (4/3/2024).

Mukhlis menambahkan semua komoditas pangan aman bahkan beberapa mengalami surplus, serta untuk stok beras pada gudang logistik di Kabupaten Hulu Sungai Tengah mencapai 40 ton yang mana distribusinya terkendali.

Sementara itu Kabid Ketahanan Pangan DKP3 Balangan Neneng Jamilah, mengungkapkan ada beberapa komoditas yang perlu diwaspadai karena adanya fluktuatif seperti daging ayam, telur dan cabai.

“Untuk telur ini bergantung pada harga ayam, untuk cabai karena belum ada produksi jadi harus pasok dari luar,” ungkap Neneng.

Kepala Bidang Standarisasi, Stabilisasi dan Pengawasan Perdagangan Disperindag Balangan Riza Kurniawan, menyebutkan bahwa saat ini harga bahan pokok di pasaran masih stabil meskipun ada juga beberapa yang tinggi

Baca Juga :   Pemkab Balangan Terus Kembangan Pariwisata Alam

Riza menjelaskan untuk harga pokok yang lumayan tinggi yaitu mulai dari bawang, telur ayam cabai dan beras dapat dibilang masih tinggi tapi masih normal tidak ada yang naik drastis.

“Kenaikan harga ini bisa terjadi sewaktu-waktu karena ketergantungan pasokan dari luar, dan pola konsumsi beras masyarakat cenderung dominan memakai produk beras yang panen setahun sekali seperti Siam, Unus, dan Mayang,” jelas Riza.

Diketahui berdasarkan pantauan harga di lapangan, harga bawang merah mencapai Rp30 ribu per kilogram, minyak kemasan Rp18 ribu per liter, telur ayam Rp33 ribu per kilogram serta beras lokal kisaran Rp50-60 ribu per kilogram.(iwn/iniberita).

 

No More Posts Available.

No more pages to load.