Pemkab Balangan Terus Tingkatkan Program Pelayanan Kesehatan

oleh -28 Dilihat
Foto. Tim kesehatan dari Puskesmas Paringin saat mendatangi rumah warga untuk melakukan pelayanan kesehatan kepada lansia di Desa Balida, Kecamatan Paringin, Kabupaten Balangan

INIBERITA.id, BALANGAN- Pemerintah Kabupaten (Pemkap) Balangan melalui Dinas Kesehatan, terus meningkatkan pelayanan kesehatan, dengan program home care untuk melayani, para masyarakat khususnya para lansia.

“Dalam menjalankan program home care ini, kami lebih mengutamakan masyarakat yang memiliki keterbatasan fisik dan tidak mampu untuk datang ke Puskesmas yaitu para lansia, disabilitas, hipertensi, diabetes, stroke dan lainnya,” kata Plt Kadinkes Balangan Ahmad Sauki, di Paringin, Kamis (9/6/22).

Selanjutnya. Plt Kadis Kesehatan menjelaskan, sebanyak 12 Puskesmas di Balangan, secara teknis sudah membentuk tim untuk mendata, para warganya dalam menjalankan program home care tersebut.

Selain itu, masyarakat juga bisa langsung melaporkan, kepada perangkat desa atau bidan setempat, apabila membutuhkan layanan home care, maka tim akan datang ke rumah pasien tanpa di pungut biaya atau gratis.

Sementara itu, Kepala Puskesmas Paringin dr Aulia Asmi Setiawaty mengatakan, sejak Januari 2022 lalu, pihaknya telah menyusun grup atau kelompok yang terdiri dari dokter, perawat, bidan desa, analisis kesehatan dan tenaga Puskesmas untuk menjalankan program home care.

Baca Juga :   Negatif, Sebanyak 23 Perwira Polres Balangan Dilakukan Teks Urine

“Semua masyarakat baik yang memiliki BPJS atau belum akan dilayani home care secara gratis. Namun jika memiliki BPJS akan dipermudah, apabila akan dilakukan rujukan lebih lanjut, dan yang tidak memiliki BPJS akan kami koordinasikan dengan pihak desa untuk pengurusan pembuatan BPJS,” katanya.

Terakhir terangnya, untuk pelayanan home care sendiri sudah terjadwal satu bulan sekali di setiap desa, dan apabila diperlukan di luar jadwal tersebut pihaknya juga siap untuk melayani. (wan/iniberita)

No More Posts Available.

No more pages to load.