Penghargaan Dari Presiden Jokowi, Bukti Kerja Keras Paman Birin

oleh -611 Dilihat
Teks foto. Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor atau Paman Birin senyum bahagia saat menerima penghargaan atau Piala Muarenbangnas 2024.

INIBERITA.id, JAKARTA- Penghargaan dari Presiden Joko Widodo dalam Rencana Musyawarah Pembangunan Nasional (Musrenbangnas) 2024, bukti kerja kerja Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor atau Paman Birin dalam melaksanakan program pembangunan di Provinsi Kalsel umumnya.

Penghargaan ini membuat senyum bahagia yang terpancar yang menghiasi wajah Paman Birin, saat menerima penghargan dari orang nomor satu di negeri Indonesia, di Jakarta Convention Center (JCC), pada Senin (6/5/2024).

“Ini merupakan momen yang sangat membanggakan bagi saya dan seluruh masyarakat Kalsel, Penghargaan ini menjadi bukti nyata bahwa Kalsel mampu bersaing dan meraih prestasi di tingkat nasional,”ungkap Paman Birin.

Selanjutnya ujar Paman Birin, penghargaan yang diberikan ini atas keberhasilan Kalsel dalam mengembangkan program unggulan Sistem Integrasi Itik, di Lahan Rawa dan Lahan Kering (Siti Hawa Lari), program inovatif ini dinilai sangat berhasil untuk mendorong pengembangan usaha dan agrobisnis budi daya itik di Kalsel.

Keberhasilan program Siti Hawa Lari tersebut, tak terlepas dari komitmen dan kerja keras Paman Birin dalam memimpin Kalsel, bahwa dirinya selalu menekankan pentingnya memanfaatkan kekayaan alam secara berkelanjutan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Baca Juga :   Pemkab Balangan Terus Kembangan Pariwisata Alam

“Lebih dari sekadar program ekonomi, Siti Hawa Lari juga menjadi contoh nyata pemanfaatan sumber daya alam yang berkelanjutan. Dengan mengintegrasikan itik, tanaman, dan pengelolaan air, program ini membantu menjaga kelestarian lingkungan dan mengurangi dampak negatif terhadap alam.” Ujar Paman Birin

Lebih dari itu, tegas Paman Birin rasa terima kasihnya kepada seluruh pihak yang telah mendukung program ini, terutama kepada para ulama dan tokoh agama.

“Ulun yakin, kesuksesan ini merupakan berkat dengan membawa ulama keacara inu, kita akan mendapatkan keberkahan dan kesuksesan,” tegas Paman Birin.

Kebahagiaan Paman Birin ungkapnya, dirinya tak hanya dirasakannya sendiri, tetapi juga oleh seluruh masyarakat Kalsel dan penghargaan ini, menjadi bukti bahwa Kalsel mampu mencapai kemajuan dan menorehkan prestasi di kancah nasional.

“Penghargaan ini menjadi motivasi bagi kami untuk terus berinovasi dan bekerja keras demi mencapai Kalsel yang lebih maju dan sejahtera,”ungkap Paman Birin penuh optimisme.

Musrenbangnas 2024 itu digelar untuk Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah (RKP) 2025 yang mengusung tema Akselerasi Pertumbuhan Ekonomi yang Inklusif dan Berkelanjutan.

Baca Juga :   Hasil Audit 2023, Laba dan Kinerja PAM Bandarmasih Mengalami Peningkatan

Sementara itu, Presiden Jokowi menyampaikan, saat ini Indonesia dihadapkan pada situasi yang tidak mudah serta tantangan yang tidak gampang.

“Pertumbuhan ekonomi global diperkirakan hanya tumbuh 3,2 persen, serta dampak runtutan dari COVID-19 juga masih terasa sampai sekarang,” ujarnya.

Presiden Joko Widodo menerangkan, diketahui bahwa beberapa negara telah masuk pada resesi, misalnya Jepang, Inggris dan beberapa negara Eropa berada pada posisi menuju pada resesi.

Oleh sebab itu terangnya, kehati-hatian dalam mengelola fiskal, mengelola anggaran, betul-betul harus hati-hati.

Sehingga jangan sampai ada uang serupiah pun meleset dari rencana yang sudah dibuat dan skala prioritas juga harus diperhatikan.

“Karena sekarang semua negara takut dan sangat ketakutan terhadap beberapa hal, yang pertama harga minyak, yang kedua bunga pinjaman semua pada takut masalah itu. Karena begitu bunga pinjaman naik sedikit saja, beban terhadap fiskal itu akan sangat-sangat besar,” lanjutnya.

“Sekali lagi kita harus hati-hati dalam mengelola setiap rupiah anggaran yang kita miliki,” tambah dia.

Jokowi mengungkapkan, pemerintah Indonesia telah memiliki Rencana Pembangunan Jangka Panjang, bahkan juga sudah memiliki Rencana Pembangunan Jangka Menengah dan masuk ke tahunan masing-masing daerah juga telah memiliki RKP.

Baca Juga :   Ibnu Sina Tersingkir Dari Pencalonan Pilgub 2024

Karenanya, dia meminta agar rencana kerja tersebut atau rencana besar yang telah disusun oleh pemerintah ini harus sinkron.

“Oleh sebab itu sinkronisasi itu menjadi kunci. Saya berikan contoh, pemerintah pusat membangun bendungan, bangun lagi irigasi primernya, tapi irigasi sekunder irigasi tersier sampai ke sawah tidak dikerjakan, airnya tidak akan sampai ke sawah-sawah yang kita miliki. Ini yang namanya tidak sinkron, tidak seirama,” tutupnya.

Tidak hanya dihadiri Presiden RI Joko Widodo, Musrenbangnas 2024 ini juga dihadiri oleh Wakil Presidenes (Wapres) RI, Maaruf Amin.

Kemudian hadir pula para menteri koordinator, jajaran menteri, seluruh gubernur, bupati dan wali kota, serta para sekretaris daerah dan kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah se Indonesia.(adpim/iniberita).

No More Posts Available.

No more pages to load.