Penuhi Standar Pelayanan Minimal, RSUD Balangan Gelar Pelatihan BTCLS

oleh -18 Dilihat
Foto. RSUD Balangan saat menggelar pelatihan Basic Trauma dan Cardiac Life Support (BTCLS) di Aula RSUD Balangan dari tanggal 1-2 Oktober 2022.

INIBERITA.id, BALANGAN-
Untuk memenuhi Standar Pelayanan Minimal (SPM) dan akreditasi rumah sakit, RSUD Balangan bersama PT Medical Servis dan Training 119, melaksanakan pelatihan Basic Trauma dan Cardiac Life Support (BTCLS) di Aula RSUD Balangan dari tanggal 1-2 Oktober 2022.

“BTCLS adalah pengalaman atau pendidikan dasar yang diberikan kepada tenaga paramedis kita, boleh juga tenaga medis untuk bisa menanggulangi kejadian-kejadian gawat darurat yang berhubungan dengan trauma atau gangguan jantung,” kata Direktur RSUD Balangan Drg Sudirman, di Paringin. Sabtu(1/10/22).

Drg Sudirman lebih lanjut mengungkapkan, kegiatan BTCLS ini sangat spesifik, dibandingkan dengan kegiatan BTLS  yang telah dilaksanakan beberapa waktu lalu, pada intinya adalah untuk memenuhi kriteria SPM kompetensi guna menunjang akreditasi.

Menurutnya, dalam Permenkes Nomor 12 tahun 2020 menyebutkan bahwa setiap rumah sakit wajib melaksanakan akreditasi, tentunya di dalam pelaksanaan akreditasi, semuanya itu harus didorong atau dilengkapi dengan fasilitas pendukung.

Kepala Bidang Keperawatan dan Kebidanan RSUD Balangan Ninsi Noveta Yuliati menambahkan, untuk peserta yang mengikuti pelatihan BTCLS ini sebanyak 50 orang, terdiri dari 39 orang nakes RSUD Balangan, enam orang dari RS Pertamina dan lima orang dengan biaya mandiri.

“Kegiatan ini adalah praktik dan evaluasi dari materi yang didapat selama tiga hari melalui daring meliputi RJP, EKG, Code Blue, Airway Manajemen, Initial Asessmen, evakuasi dan balut bidai. Semuanya adalah tindakan segera yang harus dilakukan dalam penanganan kegawatdaruratan medis yang mungkin terjadi di rumah sakit,” ujarnya.

Diketahui, kegiatan training BTCLS dibuka secara resmi oleh Direktur RSUD Balangan Drg. Sudirman dan kegiatan tersebut.

Merupakan lanjutan untuk melakukan praktik dari materi yang telah disampaikan, oleh para Dokter Spesialis dan Ners Praktisi GADAR, selaku narasumber yang sebelumnya telah dilaksanakan, secara daring pada tanggal 28-30 September 2022.(wan/iniberita)

No More Posts Available.

No more pages to load.