Perpamsi Dorong Banjarmasin Perbaiki Sanitasi Air Limbah

oleh -142 Dilihat
Foto Istimewa

INIBERITA.id, BANJARMASIN- Persatuan Perusahaan Air Minum Seluruh Indonesia (Perpamsi) untuk Indonesia menuju 2045, berkaitan dengan menggelar workshop mengambil tema “Penyiapan Pengelolaan Air Limbah Domestik Bagi BUMD Air Minum”, di salah satu hotel di Banjarmasin, Senin (21/8/23).

Workshop dibuka langsung oleh Walikota Banjarmasin H Ibnu Sina yang menghadirkan para Direktur PTAM dan PAL se Indonesia termasuk Direktur PTAM Bandarmasih Muhammad Ahdiat dan Direktur PALD Banjarmasin, Endang Waryono.

Tenaga Teknis Perpamsi sekaligus nara sumber workshop Perpamsi Pengelolaan Air Limbah, Taufik Subekti menjelaskan, PAM Banjarmasin (Perseroda) dengan pelayanan air minumnya hampir 100 persen menjadi contoh bagi kota lain di Indonesia dengan pelayanan primanya.

Kemudian untuk Pengelolaan Air Limbah (PAL) yang sudah menjadi BUMD hanya Banjarmasin dan Jakarta.

“Makanya kami mendorong Banjarmasin untuk peningkatan sanitasi ini, karena pelayanan sanitasi ini adalah layanan dasar pemerintah kepada masyarakatnya, “jelasnya Taufik Subekti disela-sela workshop Perpamsi tersebut.

Ia mengungkapkan, menyongsong Indonesia maju tahun 2045 mendatang dimana negara dituntut untuk dalam akses pelayanan air minum dan air limbah yang bagus (aman). Dengan ini perpipaan minimal harusnya 50 persen.

Kemudian agar sanitasi aman maka perpipaan sanitasi aman (komunal), septiktank tertutup agar limbah manusia tidak merembes masuk ke air tanah dan bercampur dengan sumber air baku bebas e-coli.

Sementara, Direktur PALD Banjarmasin Endang Waryono mengatakan, pihaknya telah berupaya untuk memperbanyak lagi jumlah pelanggan PALD Banjarmasin.

“Hingga akhir tahun lalu, jumlah pelanggan kami masih berkisar 6000, pelanggan didominasi perubahan baru dan niaga,”kata Endang.

Menurutnya, pihaknya juga prihatin dengan sumber air baku di kota ini, dimana sudah tercampur dengan aliran limbah rumah tangga dan e-coli dari septiktank jenis coblok.

“Kamipun harus mengejar agar layanan kami bisa 100 persen hingga 2045, dan sejauh ini terus melakukan sosialisasi ke masyarakat,”ungkapnya optimis.(silvi/iniberita).

No More Posts Available.

No more pages to load.