Puluhan Peserta Meriahkan Lomba “Bagarakan Sahur”

oleh -50 Dilihat
Para peserta saat tampil lomba "Bagarakan Sahur" untuk dinilai para juri.

INIBERITA.id, BALANGAN– Puluhan peserta dari berbagai desa yang ada di Kabupaten Balangan, memeriahkan lomba “Bagarakan Sahur” atau membangunkan orang untuk bersahur yang digelar oleh Ikatan Nanang Galuh Balangan.

Kepala Dinas Pariwisata dan Olahraga Kabupaten Balangan Akhriani mengatakan, dalam sisi festival Ramadhan ini, warga memiliki beberapa tradisi kemeriahan, di antaranya kegiatan berburu takjil, pasar Ramadhan, membunyikan petasan sampai membangunkan orang sahur.

“Sisi festival tersebut telah menjadi budaya kita, yang mana rasanya mustahil untuk tidak kita adakan,” kata Akhriani. Minggu (24/4/22)

Menurutnya, sebagai budaya memang wajar saja, jika dari masa ke masa mengalami perubahan, karena generasi pengusungnya juga berganti-ganti seiring pergantian zaman.

Dia melanjutkan, kalau dulu orang Bagarakan Sahur, dengan membunyikan perkusi, dari barang-barang seadanya, asal bisa berbunyi dan berjalan kaki berkeliling kampung, sekarang sering didapati sudah beda peralatan dan metodenya.

Namun pihaknya tekankan kepada para kreator seni lomba ini, jangan terlalu berharap masyarakat, mau menerima panggilan sahur yang kalian lantangkan.
“ Tetapi pihaknya berusahalah sekreatif mungkin untuk membuat panggilan sahur yang dapat diterima oleh masyarakat,”ujarnya.

Baca Juga :   Negatif, Sebanyak 23 Perwira Polres Balangan Dilakukan Teks Urine

Sementara itu, Ketua pelaksana kegiatan Muhammad Aditya Haryadi, menjelaskan, untuk lomba “Bagarakan Sahur” ini diikuti, sebanyak 30 grup peserta, dari berbagai desa di Kabupaten Balangan.

Selain itu, tidak hanya lomba “Bagarakan Sahur” yang diadakan oleh Ikatan Nanang Galuh Balangan, juga ada lomba Fashion Show Muslimah, safari Ramadhan dan berbagi takjil. (wan/iniberita).

No More Posts Available.

No more pages to load.