RPJPD 2025-2045 Banjarmasin Harus Sejalan Rancangan Provinsi dan Pusat

oleh -62 Dilihat
Teks foto. Wakil ketua DPRD Kota Banjarmasin Matnor Ali F, saat menjadi narasumber kegiatan Forum Konsultasi Publik RPJPD Banjarmasin periode 2025-2045.

INIBERITA.id, BANJARMASIN- Rancangan Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Kota Banjarmasin periode 2025-2045, harus sejalan dengan rancangan pemerintah provinsi dan pusat.

Wakil Ketua DPRD Kota Banjarmasin Matnor Ali mengatakan, Rancangan Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Kota Banjarmasin periode 2025-2045 kota setempat, harus sejalan dengan rancangan pemerintah pusat dan Pemerintah Provinsi Kalsel dan pihaknya di legislatif juga akan mengawalnya.

Hal itu disampaikan Wakil ketua DPRD Kota Banjarmasin Matnor Ali F, saat menjadi narasumber, pada kegiatan Forum Konsultasi Publik RPJPD Kota Banjarmasin periode 2025-2045 di Banjarmasin, Selasa (5/12/23).

Matnor Ali mengungkapkan, ada lima harapan bagi DPRD Kota Banjarmasin, terkait RPJPD) pada 20 tahun mendatang. Meskipun, kepemimpinan lembaga eksekutif maupun legislatif berganti, namun pemimpin selanjutnya harus menjalankan RPJPD yang sudah ditetapkan, sesuai pedoman yang disepakati.

Menurutnya, pedoman pembangunan jangka panjang Kota Banjarmasin, tetap sebagai “Kota Sungai” dengan segala keunggulan sesuai yang dipaparkan, oleh Wali Kota Banjarmasin Ibnu Sina.

Sebagai harapan, pihak legislatif untuk RPJPD Kota Banjarmasin 2025-2045 ini, hingga nanti dibuat payung hukum, berupa peraturan daerah, yakni lima sasaran visi pembangunan yang harus terwujud.

Baca Juga :   Disambut Antusias Warga, Paman Birin Gelar Operasi Pasar

Pertama, pendapatan per kapita dapat meningkatkan, harapan kedua adalah penurunan kemiskinan hingga 0 persen dan kota ini bebas stunting atau kasus gizi buruk.

Selanjutnya harapan ketiga adalah, daya saing daerah meningkatkan, khususnya pada sektor usaha mikro kecil dan menengah, serta ekonomi kreatif.

Kemudian harapan yang keempat adalah, daya saing sumberdaya manusia juga meningkat, hingga angka pengangguran di kota ini, bisa turun signifikan bahkan 0 persen.

“Sedangkan harapan kelima adalah lingkungan di kota ini bersih, khususnya udara serta kota bersih dan sehat,” ungkap Matnor Ali. (ridho/iniberita).

No More Posts Available.

No more pages to load.