Sambut Mudik Lebaran, Pelindo Regional 3 Kalimantan Siapkan Sejumlah Armada dan Terminal Penumpang

oleh -142 Dilihat
Teks foto. Suasana pemudik lebaran di terminal pelabuhan Trisakti Bandarmasih.

INIBERITA.id, BANJARMASIN- Menyambut mudik lebaran sekaligus mengantisipasi lonjakan pemudik tahun ini, khususnya via jalur laut, PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pelindo Regional 3 Kalimantan siapkan sejumlah terminal penumpang.

Yakni 5 buah armada Roro serta terminal penumpang, di wilayah kerjanya untuk melayani arus mudik lebaran yang di prediksi meningkat.

Selain langkah antisipasi persiapan pelayanan, pihaknya juga penyiapkan berbagai fasilitas keamanan hingga kesehatan, dalam rangka memberikan kenyamanan bagi pemudik baik datang maupun keberangkatan.

“Fasilitas tersebut adalah ruang tunggu bagi calon penumpang, posko mudik lebaran, ruang Laktasi, penambahan counter check-in hingga penambahan petugas jaga, dengan menggunakan sistem CCTV guna memastikan keamanan para pemudik,”ungkap Suprayogi Sumarkan selaku Junior Manager Umum dan Humas Pelindo Regional 3 Kalimantan, kepada wartawan. Senin (1/4/2024).

Dikatakan Suprayogi, untuk mewujudkan pelayanan prima itu,
pihaknya juga melakukan koordinasi dengan sejumlah pemangku kepentingan, agar arus mudik lebaran 2024 khususnya melalui jalur laut bisa berjalan lancar.

Sejumlah pelabuhan seperti Trisakti, Kumai, Batulicin, Sampit hingga Kotabaru diprediksi akan mengalami lonjakan penumpang secara signifikan dibanding hari biasanya, diprediksikan angka total penumpang mudik lebaran tahun ini, di lima pelabuhan akan mencapai 172.000 orang.

Baca Juga :   Jelang Porwanas 2024, Tim Balogo PWI Kalsel Terus Tingkatkan Latihan

“Kami telah melakukan persiapan dan koordinasi intens dengan internal perusahaan dan stakeholder terkait seperti Otoritas Pelabuhan dan Perusahaan Pelayaran untuk memastikan seluruh layanan untuk pemudik terpenuhi,”katanya.

Selanjutnya, Sugiono Sub Regional Head Kalimantan Regional 3 Pelindo menambahkan, potensi peningkatan jumlah pemudik via jalur laut juga berpotensi terjadi pada arus mudik lebaran tahun ini.

Hal ini disebabkan, pasca ditambahkannya hari libur lebaran dan cuti bersama oleh Pemerintah, oleh karena itu pihaknya mengimbau, kepada seluruh General Manager Pelabuhan yang mengelola terminal untuk melakukan persiapan lebih dini.

“Pastikan seluruh terminal penumpang di wilayah kerjanya memliki fasilitas umum seperti fasilitas ruang tunggu, ruang menyusui, mushola hingga ruang kesehatan dipastikan siap melayani arus mudik lebaran tahun ini mulai sekarang,”tambah Sugiono.(benk/iniberita).